Mitsubishi Kembangkan Aplikasi Baru untuk Kejar Toyota

Berita Otomotif

Mitsubishi Kembangkan Aplikasi Baru untuk Kejar Toyota

JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menegaskan pihaknya akan melakukan pengembangan teknologi pada pelayanannya.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasi untuk booking perawatan kendaraan bagi pelanggan Mitsubishi. Selain itu mereka juga akan mengembangkan aplikasi agar dapat digunakan para sales ketika berinteraksi dengan konsumen.

“Kami juga mengembangkan dealer management system. Ini adalah big data managemet dimana informasu di dalamnya ada data konsumen serta pendanaannya. Ini adalah infrastrukturnya, bila sudah berjalan dengan baik maka kami bisa meningkatkan perlengkapan digital yang lebih baik lagi,” ungkap Widya Laksita, Senor Assistant Manager of Sales Satisfaction Department.

Ia pun juga menegaskan bahwa PT MMKSI akan memantau perkembangan dari para kompetitior. Pemantauan ini harus dilakukan guna menjaga agar PT MMKSI dapat terus bersaing dan tidak tertinggal.

“Kami juga melihat yang sudah dilakukan kompetior, kalau bisa kami tidak tertinggal terlalu jauh. Tapi rencana pengembangan teknologi itu secara umum sudah kami desain tinggal liat visibilitynya seperti apa,” tegasnya kemudian.

Sebelumnya, Toyota sudah mengenalkan aplikasi terbaru mereka yang dimiliki oleh Auto2000. Aplikasi tersebut sudah menggunakan teknologi artificial intelligence sehingga dapat mengenali beragam jenis pertanyaan dari pelanggan.

Menariknya, teknologi tersebut bisa mengenali pertanyaan berbahasa yang tidak baku sehingga pelanggan dibuat seakan sedang berinteraksi dengan manusia, bukan robot. Dengan fasilitas ini, pelanggan bisa melakukan booking service hingga mengatur waktu untuk melakukan test drive.

Pengembangan aplikasi tersebut memang diperlukan karena sebelumnya, Shantanu Majumdar, Regional Director Automotive Practice J.D. Power Asia Pacific mengatakan bahwa teknologi akan sangat memegang peran penting dalam kepuasan pelanggan.

“Berdasarkan masukan dari yang kami terima, konsumen telah mendapatkan pengalaman berbeda saat berbelanja online. Dan mereka juga ingin merasakan hal tersebut ketika membeli mobil,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan bahwa teknologi dapat mempercepat proses pekerjaan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Dengan proses yang lebih cepat, maka kepuasan pelanggan akan menjadi lebih puas.

“Untuk dealer, teknologi dapat membuat pekerjaan lebih efisien dibanding sebelumnya. Dan di masa depan, kita akan melihat lebih banyak kompetisi yang menggunakan tools digital,” pungkas Shantanu Majumdar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support