Mitsubishi Indonesia Makin Blak-Blakan Soal Eclipse Cross

Berita Otomotif

Mitsubishi Indonesia Makin Blak-Blakan Soal Eclipse Cross

CILEGON – Mitsubishi mengaku salah satu sport utility vehicle (SUV) terbaru mereka, Eclipse Cross, adalah opsi yang sedang dipertimbangkan untuk juga meluncur di pasar Indonesia.

Michimasa Kono, Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan bahwa pihaknya mempelajari berbagai peluang, kemungkinan, serta opsi produk yang mereka miliki untuk mengaspal di pasar Indonesia pada masa mendatang. Ia kemudian menyinggung soal Eclipse Cross.

“Eclipse Cross adalah salah satu opsi tersebut,” tegasnya meladeni pertanyaan Mobil123.com beberapa waktu lalu di Cilegon, Banten,  Jawa Barat.

Menurut dia, ada banyak hal yang mesti dikaji sebelum meluncurkan suatu produk di satu negara.

“Beragam faktor harus dipertimbangkan sebelum memutuskan meluncurkan produk baru di setiap negara. Eclipse Cross sebenarnya adalah produk yang sangat bagus, tapi kami masih punya diskusi besar dengan prinsipal,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda di Jakarta, Naoya Nakamura, President Director MMKSI, sempat mengatakan rencana menghadirkan produk global baru di pasar otomotif Tanah Air. Tak hanya menjualnya, produk tersebut bahkan akan diproduksi secara lokal di fasilitas perakitan yang dimiliki.

Hal ini tidak dibantah atau pun dikonfirmasi oleh Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation ketika berkunjung ke Ibu Kota pada akhir 2018. Sayangnya, baik Nakamura maupun Masuko tidak mau berbicara lebih lanjut mengenai hal ini.

Tren SUV Medium 1.5-Liter
Eclipse Cross menjalani debut global di Geneva Motor Show 2017. Ada dua pilihan mesin yang disediakan, mesin bensin 1.5-liter turbo serta mesin diesel 2.2-liter commonrail.

Sistem penggerak berkapasitas 1.5-liter turbo milik Eclipse Cross bisa sangat cocok dengan tren SUV medium di Indonesia yang bergeser dari mesin bensin 2.0-liter menjadi 1.5-liter turbo. Tren ini diakui antara lain oleh Irwan Kuncoro, Sales and Marketing Director MMKSI, saat diinterviu September 2018 di Jakarta.

Jika melihat data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar SUV medium 2.0-liter terus menurun. Demikian pula dengan produk Mitsubishi di segmen ini yaitu Outlander Sport.

Akan tetapi, Mitsubishi tidak bersedia membahas rencana mereka untuk Outlander Sport. Termasuk kemungkinan menggantikannya dengan Eclipse Cross.

“Saat ini kami masih punya dan tetap menjual Outlander Sport di Indonesia. Kami masih membahas dengan prinsipal mengenai masa depannya. Jadi kami belum punya keputusan maupun arah yang ajeg mengenai kelanjutan model ini,” tutup Kono. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar