Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Eclipse Cross Setop Dijual di Indonesia, Mau Diganti Model Lain?

Berita Otomotif

Mitsubishi Eclipse Cross Setop Dijual di Indonesia, Mau Diganti Model Lain?

JAKARTA - Mitsubishi Eclipse Cross dikonfirmasi tak lagi dijual di Indonesia. Adakah peluang model lain menggantikannya?

Eclipse Cross, berdasarkan penelusuran Mobil123.com, tidak lagi terpampang di situs resmi Mitsubishi Indonesia sejak awal Maret 2022. Penyebabnya ternyata karena model tersebut tidak lagi ditawarkan di pasar otomotif Tanah  Air.

“Betul, terhitung sejak Maret 2022 MMKSI (PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) telah menghentikan impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia,” ucap Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura melalui pesan singkat kepada Mobil123.com, Senin (7/3/2022).

Kebijakan ini, menurut dia, diambil karena beragam kondisi. Di antaranya ialah isu krisis suplai cip semikonduktor yang sedang melanda industri otomotif global.

“Kami percaya Eclipse Cross merupakan sebuah mobil yang hebat, dengan spesifikasi bagus serta impresi berkendara luar biasa yang disukai dan dinikmati konsumen kami. Namun, saat ini kami harus menghentikan impor Eclipse Cross dikarenakan berbagai macam kondisi dan pertimbangan, termasuk kelangkaan semikonduktor,” papar Nakamura.

Sekadar mengingatkan, Eclipse Cross pertama kali mengaspal di Indonesia pada Juli 2019, sekitar dua tahun setelah debut global di Geneva Motor Show 2017. Ketika itu, banderol on the road (OTR) Jakarta sport utility vehicle (SUV) bermesin bensin 1.5-liter turbo tersebut nyaris setengah miliar rupiah.

Adapun harga OTR Jakartanya per Februari 2022, ketika masih terlihat di situs resmi Mitsubishi Indonesia, ialah Rp493,75 juta.

Merujuk pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi ke diler untuk Eclipse Cross terus menurun dari tahun ke tahun. Dimulai dari 514 unit (2019), 243 unit (2020), kemudian 172 unit (2021).

Sejak Juli 2021, Eclipse Cross tidak lagi disuplai ke jaringan penjualan Mitsubishi.

Kemungkinan model lain hadir untuk menggantikan Eclipse Cross di masa depan terbuka. Pasalnya, Nakamura menjelaskan kalau pihaknya juga melakukan studi terkait itu.

“Saat ini kami mengeksplorasi dan mempelajari lebih jauh terkait kemungkinan untuk membawa model-model menarik ke segmen tersebut dengan berbekal pengalaman kami bersama Eclipse Cross,” tukasnya.

Layanan Purnajual Mitsubishi Eclipse Cross

Meski sudah tak lagi dijual di Indonesia, agen pemegang merek Mitsubishi tetap menyediakan layanan purnajual untuk Eclipse Cross. Termasuk ketersediaan suku cadangnya di bengkel-bengkel resmi.

Para pemilik model tersebut diminta tak perlu cemas.

Semua manfaat dukungan layanan, termasuk layanan purna jual yang telah didapatkan oleh konsumen ketika membeli model Eclipse Cross termasuk garansi kendaraan tetap berlaku sesuai dengan buku panduan manual kendaraan,” tutup Nakamura. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga Mitsubishi Eclipse Cross bekas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang