Punya 5 Biintang Keselamatan, Ini Fitur Keselamatan di Mitsubishi Eclipse Cross

Panduan Pembeli

Punya 5 Biintang Keselamatan, Ini Fitur Keselamatan di Mitsubishi Eclipse Cross

JAKARTA – Mitsubishi Eclipse Cross hadir di Indonesia dengan membawa 5 bintang keselamatan dari ASEAN NCAP.

Hasil tersebut didapatkan pada tahun 2018 dengan total skor 91,05 poin. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin dan 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

Diraihnya bintang 5 tersebut tentunya menjadi nilai lebih bagi Mitsubishi Eclipse Cross mengingat tidak semua kendaraan bisa mendapatkan hasil tersebut. Terlebih, angka kecelakaan di Indonesia terbilang masih tinggi.

Eclipse Cross dilengkapi dengan fitur 7 SRS Airbags yang terdiri dari front airbag, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan. Untuk mencegah terjadinya tabrakan, Eclipse Cross juga dibekali fitur Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil yang berhenti mendadak serta mendeteksi kendaraan lain dan pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Mitsubishi Eclipse Cross

Ada lagi fitur Adaptive Cruise Control pada Eclipse Cross yang lebih pintar dari fitur Cruise Control biasa. Fitur ini bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem, karena dengan Adaptive Cruise Control ini mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas.

Adaptive Cruise Control tersebut diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur Adaptive Cruise Control juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di depan kembali melaju, maka Eclipse Cross juga akan menambah kecepatan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Selain itu, Mitsubishi Eclipse Cross juga menyediakan fitur Active Yaw Control (AYC) yang akan mengoptimalkan kekuatan rem. Dengan fitur ini maka mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Keamanan juga dapat lebih dimaksimalakan saat kondisi jalanan licin dengan adanya fitur Active Stability & Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

Eclipse Cross juga dibekali fitur Blind Spot Warning yang menampilkan peringatan di kaca spion luar jika ada kendaraan di samping mobil. Pengemudi juga dimudahkan dengan adanya fitur Rear Cross Traffic Alert. Fitur ini memberi peringatan bila ada kendaraan lain yang tiba-tiba melintas di belakang ketika mobil dalam posisi mundur.

Fitur canggih lainnya adalah Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang parkir. Mitsubishi Eclipse Cross juga dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan menanjak sehingga kendaraan tidak mundur.

Dengan segala keunggulannya, maka tidak heran bila Mitsubishi Eclipse Cross berhasil menjadi mobil dengan tingkat keselamatan 5 bintang dari ASEAN NCAP. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar