MG HS, SUV Bermesin Turbo Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

MG HS, SUV Bermesin Turbo Meluncur di Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – MG HS terkonfirmasi sebagai salah satu dari dua model baru yang akan meluncur dan dijual di Indonesia pada semester kedua 2020. Sport utility vehicle (SUV) tersebut diketahui mengusung mesin turbo.

Diberitakan sebelumnya, eksekutif MG Indonesia secara eksklusif memberitahu Mobil123.com dalam diskusi virtual ‘Ngobral’ pekan lalu bahwa pihaknya masih memiliki dua model yang siap meluncur pada paruh kedua tahun ini. Mobil123.com memperkirakan salah satunya SUV compact bernama MG HS yang sudah sedikit mereka singgung dalam peluncuran virtual SUV MG ZS pada 24 Maret silam.

Prediksi tersebut terbukti benar. Merek yang masuk Indonesia di bawah PT. SAIC Motor Indonesia tersebut mengonfirmasi rencana menghadirkan HS di tahun bershio tikus logam ini.

“Itu (MG HS), yang kami sebelumnya sudah berikan sedikit sneak peak kepada konsumen, akan kami realisasikan tahun ini. Tapi, ya, tentu saja dengan adanya hal di luar kontrol yaitu pandemi (virus Corona/Covid-19), ada beberapa penyesuaian soal komunikasi termasuk untuk rekan-rekan media,” ucap Arief Syarifudin selaku Marketing and PR Director MG Indonesia dalam konferensi pers outlet digital di The Breeze, Serpong pada Selasa (23/6/2020).

MG, yang merupakan singkatan dari Morris Garage, adalah pemain baru di pasar otomotif Tanah Air. Mereka secara resmi mengumumkan kehadiran di negeri ini pada 5 Maret 2020, hanya tiga hari setelah pemerintah mengumumkan masuknya pandemi Corona di Nusantara. Model perdana mereka yakni ZS mengaspal pada 24 Maretnya.

MG adalah merek yang lahir di Inggris pada 1924. Akan tetapi, merek ini sudah diakuisisi secara penuh oleh grup otomotif besar China yaitu SAIC Motor.

SAIC Motor juga membawahi merek Wuling, yang sudah terlebih dahulu berjualan di Tanah Air sejak 2017. Sebelum itu, Wuling membangun pabrik perakitan di Cikarang, Bekasi.

Tak heran, ada yang memprediksi bahwa MG di masa depan bakal menumpang perakitan mobil di pabrik Wuling Cikarang. MG sendiri saat ini masih mengimpor ZS, model pembuka mereka, dari Thailand.

Dalam Waktu Dekat
Arief membocorkan bahwa undangan mengenai HS kepada media massa ‘akan dikirimkan dalam waktu dekat’. Ia tidak menyebutkan secara spesifik waktu peluncurannya.

“Dalam jangka waktu dekat, kami akan mengirim invitasi untuk bahkan langsung merasakan performa dari MG HS,” tandas dia.

HS memiliki lampu depan dengan ‘Hormone Pulse Meeting Effect’. Ada pula lampu belakang dengan desain ‘Light Field’.

Desain gril depan ‘Star Field’ masih sama dengan ZS. Sementara, di interior, ada kursi bergaya racing yang sporty, Panoramic Sunroof besar, meter cluster full digital berukuran 12,3 inci.

HS mengusung mesin bensin 30T Trophy yang diklaim memiliki performa tinggi. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, mesin ini terdiri dari beberapa pilihan kapasitas yang menyandang turbo. HS juga memiliki sistem penggerak semua roda. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar