MG Akui Kemungkinan Rakit Mobil di Pabrik Wuling Cikarang

Berita Otomotif

MG Akui Kemungkinan Rakit Mobil di Pabrik Wuling Cikarang

JAKARTA – Morris Garage (MG), pemain baru di pasar otomotif Indonesia, mengakui adanya peluang merakit mobil di pabrik saudara mereka yaitu Wuling yang berlokasi di Cikarang, Bekasi pada masa mendatang.

MG baru beberapa bulan berjualan di pasar otomotif Tanah Air. Merek asal Inggris yang sudah diakuisisi penuh oleh grup otomotif China SAIC Motor ini baru secara resmi mengumumkan kehadiran mereka di Indonesia pada 5 Maret 2020.

Mereka beroperasi di bawah PT. SAIC Motor Indonesia. Kemudian, pada 24 Maretnya, MG meluncurkan model perdana mereka yaitu sport utility vehicle (SUV) ZS secara virtual, karena pandemi virus Corona (Covid-19). ZS masih diimpor secara utuh dari Thailand.

SAIC Motor sendiri, selain membawahi MG, juga memiiliki satu merek lain yaitu Wuling yang sudah terlebih dulu membangun pabrik plus berjualan di Indonesia mulai 2017. Karena itu, ada yang memprediksi bahwa di masa depan MG bakal memanfaatkan pabrik tersebut untuk perakitan lokal agar bisa lebih kompetitif.

Menanggapi pertanyaan soal ini, Arief Syarifudin selaku Marketing and PR Director MG Indonesia mengklaim bahwa mereka adalah ‘satu entitas yang berdiri secara independen’. Namun, ia mengakui bahwa peluang menumpang perakitan lokal di pabrik Wuling Cikarang memang ada.

“Hal yang jadi obyektif utama kami sekarang adalah bagaimana merek kami, MG atau Morris Garage bisa diterima oleh masyarakat Indonesia dan kalau pun nantinya secara permintaan kami mendapatkan hasil cukup baik bukan tak mungkin terjadi hal yang tadi ditanyakan,” ucap Arief dalam diskusi virtual bertajuk ‘Ngobral’ di akun Facebook Mobil123.com beberapa waktu lalu.

MG, di awal kehadirannya, sudah mendapatkan bantuan dari Wuling. Mereka disokong oleh perusahaan pembiayaan yang didirikan merek asal China tersebut untuk pasar Indonesia yaitu Wuling Finance.

Merek yang lahir pada 1924 di Inggris ini, bersiap merilis tiga model pada 2020. Setelah ZS, masih ada SUV kompak bernama HS plus satu model lain yang masih dirahasiakan identitasnya.

Detail mengenai waktu peluncuran keduanya belum dipublikasikan. MG hanya memberi petunjuk bahwa keduanya bakal hadir sebelum November mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar