Merek Mobil China Chery Kirim Sinyal Mau Kembali Jualan di Indonesia

Berita Otomotif

Merek Mobil China Chery Kirim Sinyal Mau Kembali Jualan di Indonesia

JAKARTA – Merek mobil China di Indonesia akan semakin ramai. Kabar terkini, Chery disinyalir bakal kembali masuk.

Pasalnya, pada awal 2021 muncul akun media sosial ‘Chery Indonesia’ di Facebook maupun 'Chery Motors Indonesia Official’ di Instagram.

Unggahan pertama mereka di Facebook terjadi pada 10 Februari. Ketika berita ini dinaikkan, sudah ada sekitar 1.400 orang yang menyukai dan mengikuti laman resmi Chery di media sosial itu.

Sementara, konten Instagram mereka baru mulai terisi pada awal Mei ini. Adapun jumlah pengikutnya saat ini masih 80-an orang.

“Chery berkomitmen untuk menghadirkan teknologi canggih dan pengalaman berkendara bagi pengguna Indonesia, bersama dalam menjelajahi kegembiraan dalam kehidupan dan membuka harapan indah di masa depan,” demikian caption unggahan pertama mereka di Instagram yaitu gambar SUV berwarna putih dengan tulisan ‘fun to drive’ di bawahnya.

Sejauh ini, baru ada tiga konten foto di Instagram. Konten kedua menampilkan lima model kendaraan Chery di depan kantor pusat mereka di China, disertai penjelasan mengenai sejarah singkat pabrikan.

Konten terakhir menginformasikan lima lokasi Pusat Riset dan Pengembangan (R&D Center) Chery di dunia. Selain di China, mereka juga membangun fasilitas tersebut di Jerman, Timur Tengah, Brazil, maupun Amerika Utara.

Akun Instagram @mikegautama, dalam kolom komentar di konten ketiga, menanyakan kapan Chery akan kembali berjualan mobil di Indonesia. Jawaban Chery sangat tegas.

“Coming soon (dalam waktu dekat),” ucap mereka.

Chery pertama kali masuk Indonesia pada 2006, dibawa oleh Indomobil Group. Salah satu grup otomotif besar di Nusantara ini menangani bisnis Chery lewat PT. Unicor Prima Motor yang merupakan joint venture (perusahaan gabungan) antara Indomobil dengan Chery Automobile Co.Ltd.

Akan tetapi, pada akhir 2011, Indomobil melepas bisnis Chery karena alasan kualitas produk yang tidak sesuai standar konsumen Indonesia.

Pada 2012, bisnis Chery ditangani oleh PT. Chery Mobil Indonesia. Penjualan terakhir mereka terekam pada 2013 sebelum akhirnya benar – benar menghilang dari daftar merek mobil yang eksis di negeri ini menurut data Gaikindo sejak awal 2016.

Hilangnya Chery juga menandakan 'mati surinya' merek China di Indonesia. ‘Negeri Tirai Bambu’ baru kembali aktif di pasar lewat Wuling plus DFSK pada 2017 dan 2018. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar