Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mau Buat Mobil di Indonesia, Merek China Chery Berencana Ekspor 2024

Berita Otomotif

Mau Buat Mobil di Indonesia, Merek China Chery Berencana Ekspor 2024

JAKARTA - Pabrik Chery di Indonesia nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik. Pasar ekspor pun ingin mereka rambah mulai 2024.

Seperti diketahui, Chery kembali lagi ke Indonesia setelah sempat gagal pada dekade awal 2000. Namun, kali ini mereka datang dengan lebih serius karena ingin membangun pabrik.

Pada tahap awal, mulai tahun ini, Chery melakukan perakitan lokal di pabrik milik partner terlebih dahulu. Sembari berjalan, mereka melakukan persiapan membangun pabrik sendiri.

Marketing and Product Director PT. Chery Motor Indonesia (CMI) Major Qin membeberkan pabrik mereka kelak menjadi salah satu basis produksi dan ekspor global.

Malahan, pabrik ini bakal menjadi satu-satunya di dunia yang merakit model-model Chery dengan setir kanan.

“Sekarang, kami sudah punya lima Pusat Penelitian dan Pengembangan  serta 10 pabrik secara global. Tapi, pabrik Indonesia adalah yang pertama memproduksi mobil-mobil setir kanan,” kata Qin menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, 31 Maret-10 April kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Chery Skytour

Menurut dia, pabrik Chery dijadwalkan mulai beroperasi pada 2024. Pada tahun tersebut, hadir pula Pusat Riset dan Pengembangan yang dibangun bersamaan dengan fasilitas manufaktur.

“Soalnya, produk-produk kami tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk negara-negara lain. Saya harap pada 2024 kami dapat memulai ekspor,” sebut Qin.

Target Chery terkait ekspor dari Indonesia bukan cuma pasar Asia Tenggara. Negara-negara yang menerapkan mobil setir kanan juga menjadi sasaran mereka.

“Ini adalah strategi kunci kami,” tegas Qin.

Chery Omoda 5

Diberitakan sebelumnya, Chery berencana meluncurkan delapan model untuk pasar Indonesia dalam dua tahun ke depan. Seluruh model tersebut diproduksi secara lokal.

Model pertama adalah Chery Tiggo 7 Pro yang dirilis pada Juni 2022. Tahun ini, akan ada pula Chery Tiggo 8 Pro, Chery Skytour, serta Chery Omoda 5.

Tahun depan, Chery akan ‘menyetrum’ pasar Indonesia dengan model-model mobil listrik. Ada mobil listrik murni Chery EQ 1 serta varian elektrifikasi dari Omoda 5.

Bicara jaringan penjualan, Chery bersiap membangun 100 diler 3S dalam dua tahun. Sebanyak 70 diler di antaranya ditargetkan hadir tahun ini. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang