Mantan Direktur Desain Rolls-Royce Gabung ke Pabrikan China FAW

Berita Otomotif

Mantan Direktur Desain Rolls-Royce Gabung ke Pabrikan China FAW

CHANGCHUN – Mantan bos desain Rolls-Royce kini bekerja untuk pabrikan asal China FAW Group.

Gerak-gerik maupun pencapaian pabrikan-pabrikan China di pasar global memang sedang menarik untuk diikuti. Misalnya Geely yang sukses mengalahkan tiga pabrikan Jepang besar di rumah sendiri, juga Wuling dan Dongfeng Sokon yang bergerak agresif di Indonesia sebagai salah satu pasar mobil potensial di dunia.

Dan berita terbaru Kini datang darii FAW Group yang dikabarkan baru saja menarik Giles Taylor, eks Direktur Desain Rolly-Royce. Taylor bekerja di salah satu merek yang berada di bawah FAW Group yaitu Hongqi.

“Di tengah tren globalisasi, industri otomotif China punya peluang besar untuk kelak menjadi tolok ukur atau contoh di jagad otomotif global. Untuk itu, kami perlu tim yang lebih internasional, terspesialisasi, dan dengan latar belakang beragam. Tim tersebut harus memiliki pemikiran maupun visi global untuk bisa kultur China yang kaya dengan kultur global lain yang maju,” papar Xu Liuping, Chairman FAW.

Taylor dipercaya FAW Group sebagai Global Vice President of Design serta Chief Creative Officer. Ia bertanggung jawab atas Advanced Design Centre yang berlokasi di Munich, Jerman.

Fasilitas ini sendiri disebut-sebut sebagai fasilitas desain elit milik FAW Group, termasuk untuk mobil-mobil penumpang menengah ke atas Hongqi. Tim di sana akan berfokus pada konsep-konsep desain di masa mendatang serta material metal baru.

FAW Group menjelaskan bahwa tugas Taylor juga adalah memastikan kelancaran proses penerapan filosofi desain yang sesuai dengan pasar internasional untuk seluruh produk mereka. Ini tentunya termasuk mobil otonom di masa mendatang.

Taylor sendiri punya pengalaman panjang dalam bidang desain pabrikan-pabrikan asal Inggris. Ia pernah menjadi Chief Designer Jaguar selama 13 tahun.

Pada 2012, dia bergabung dengan Rolls-Royce. Taylor turut memiliki andil dalam pengembangan desain Rolls-Royce Dawn, Phantom saloon termutakhir, sampai dengan sport utility vehicle (SUV) Cullinan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual