Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Geely Kalahkan Nissan, Toyota dan Honda

Berita Otomotif

Geely Kalahkan Nissan, Toyota dan Honda

BEIJING – Geely berhasil mengalahkan Nissan, Toyota, Honda dan masuk dalam tiga besar pabrikan terlaris di China pada semester pertama 2018.

Geely Automobile Holdings Ltd., seperti diwartakan Bloomberg belum lama ini, membukukan volume penjualan 766.630 unit pada Januari – Juni 2018, naik 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year). Pangsa pasar Geely pun naik menjadi 6,5 persen, dari 5 persen pada semester satu 2017.

Pabrikan otomotif milik salah satu orang terkaya China Li Shufu ini mengalahkan Nissan, Toyota, Honda yang notabene tiga merek Jepang terlaris di ‘Negeri Tirai Bambu’. Ketiganya secara berurutan ‘hanya’ menjual 720.447 unit (naik 10,7 persen year on year), 680.000 unit (9 persen), 609.100 (6,94 persen).

Transaksi jual-beli Geely di rumah sendiri cuma lebih rendah dari dua pabrikan Barat yaitu Volkwagen plus General Motors. Kesuksesan Geely tak lepas dari peluncuran model-model yang menarik konsumen-konsumen muda.

Tak hanya itu, pendapatan bersih Geely naik pula hingga 54 persen year on year pada paruh pertama 2018 menjadi 537 miliar yuan (Rp 114,40 triliun). Pabrikan ini pun mengutarakan optimismenya mencapai target penjualan 1,58 juta unit pada akhir 2018, mengingat pencapaian pada semester satu sudah 49 persen di antaranya.

Geely, seperti juga pabrikan-pabrikan Cina lain, berambisi mengembangkan sayap di industri otomotif domestik maupun global yang sedang bertransformasi ke teknologi mobil listrik maupun mobil otonom. Salah satunya adalah dengan mendirikan merek Lynk & Co. bersama Volvo Car Group yang sudah mereka akuisisi sejak 2010.

Lynk & Co. sudah memulai operasi mereka di China pada 2017. Pasar Eropa bakal dimasuki pada 2020.

“Melalui produk-produk yang lebih kuat lagi di masa depan, grup berada dalam jalur untuk mengamankan pangsa pasar kendaraan penumpang  lebih tinggi di China tak lama dari sekarang,” ucap Geely dalam keterangan resmi kepada media massa.

Pergerakan Li Shufu bersama Geely juga ditandai dengan pembelian saham merek-merek otomotif selain Volvo seperti Proton, Lotus dan Mercedes-Benz. Li bahkan menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Mercedes-Benz. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang