Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mahasiswa UBL Pamer Sepeda Motor Listrik Hasil Karya Mereka

Berita Otomotif

Mahasiswa UBL Pamer Sepeda Motor Listrik Hasil Karya Mereka

JAKARTA – Universitas Budi Luhur mengenalkan sepeda motor listrik pertama mereka yaitu Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Sepeda motor tersebut diklaim sebagai sumbangsih mereka terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Melalui pengembangan ini diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

"Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu,” ungkap Kasih Hanggoro, MBA, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Sementara itu, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., Rektor Universitas Budi Luhur menjelaskan BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Pengembangan BL-SEV01 juga dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

Sepeda Motor Listrik BL-SEV01 Karya Mahasiswa Dikenalkan
Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01. Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Hasilnya, sepeda motor ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Dengan adanya pengembangan ini maka diharapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia akan semakin cepat terbentuk. Sehingga bukan tidak mungkin di masa depan kendaraan listrik bisa menguasai jalanan di Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang