Legenda F1 Niki Lauda Wafat di Usia 70 Tahun

Berita Otomotif

Legenda F1 Niki Lauda Wafat di Usia 70 Tahun

AUSTRIA - Legenda Formula One (F1) yang cerita hidupnya pernah diangkat ke layar lebar, Niki Lauda, tutup usia.

Lauda, menurut Reuters, wafat pada usia 70 tahun di Austria pada Senin (20/5/2019) waktu setempat. Informasi tersebut juga sudah dikonfirmasi pihak keluarga yang mengatakan bahwa juara dunia F1 tiga kali itu meninggal dunia dengan tenang didampingi orang-orang terdekatnya.

“Pencapaian uniknya sebagai seorang atlet dan wirausahawan akan tetap ada dalam memori. Semangat tanpa henti Lauda terhadap aksi, keterusterangannya, dan keberaniannya akan tetap kami jaga. Ia adalah panutan dan acuan bagi kami semua. Dia merupakan suami, ayah, kakek yang penuh cinta serta perhatian meski tidak berada di depan publik. Lauda akan kami rindukan,” ucap keluarga dalam keterangan resminya.

Pria yang hampir selalu tampil dengan mengenakan topi ini memang sudah berkali-kali menjalani operasi besar dan dalam kondisi sangat rentan. Pada Agustus tahun lalu, dia menjalani transplantasi paru-paru dan pada 1997 serta 2005 dirinya pun harus masuk ruang operasi untuk transplantasi ginjal.

Pada Januari tahun ini, ia harus dirawat inap selama 10 hari karena influenza.

Lauda memenangi titel juara dunia F1 untuk Ferrari pada 1975 dan 1977. Kemudian, ketika membalap untuk McLaren pada 1984, ia mengulangi prestasi sama.

Kompetitor berat James Hunt ketika masih aktif di atas trek ini sebenarnya sempat menyatakan pensiun pada 1979 untuk memimpin maskapai penerbangan kecil yang ia dirikan di Austria. Namun, Lauda kembali membalap pada 1982 dan pensiun lagi pada 1985.

Lauda memiliki dan menjual maskapai penerbangan beberapa kali selama hidupnya.

Ferrari sempat meminta Lauda untuk turut mengurus tim F1 mereka pada 1993 sampai 2001. Tim F1 Jaguar sempat pula merasakan sentuhannya secara singkat sampai 2002.

Mercedes AMG Petronas mengangkat Lauda sebagai Non-Executive Chairman pada 2012. Salah satu jasanya kepada tim dan kepada F1 adalah membawa Juara Dunia F1 terkini Lewis Hamilton ke ajang ‘jet darat’ tersebut.

Di luar semua itu, Lauda kerap menjadi komentator F1 di televisi selama sekitar 20 tahun. Lauda makin terkenal di kalangan muda sejak persaingannya dengan Hunt diangkat ke dalam film ‘Hunt’ yang cukup sukses. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar