FIA Perlebar Dimensi Mobil F1 2017

Berita Otomotif

FIA Perlebar Dimensi Mobil F1 2017

PARIS – Musim berganti, regulasi pun berganti. Dan tata aturan tahun 2017 memungkinkan mobil Formula Satu (F1) melaju makin kencang.

F1 adalah ajang balap paling tinggi dan dalam sejarahnya selalu menghasilkan teknologi-teknologi modern pada bidang otomotif. Ini tak lepas dari inovasi-inovasi yang dilakukan untuk mendapatkan kesempurnaan dari kendaraan dengan mengembangkan cara-cara baru dalam memecahkan rekor tercepat pada setiap lap. 

Misalnya, ketika mesin modern V6 berkapasitas 1.6-liter turbo mulai diperkenalkan. Ini merupakan tantangan berat bagi para insinyur untuk menyiasati performanya. Namun lambat laun perkembangan terakhir mesin F1 masa kini tersebut sudah tangguh era balap dengan mesin V10. 

FIA menyadari jika belakangan F1 kurang mulai ditinggalkan penonton setianya karena dianggap kurang menarik. Regulasi terlalu ketat yang membuat jalannya balap dianggap kurang seru dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Selanjutnya, FIA terus mencari formulasi terbaik dan menerbitkan buku manual baru untuk membangun sebuah mobil balap F1 2017 yang lebih berorientasi kepada performa.

Perbedaan paling mencolok antara mobil musim kompetisi 2017 dengan sebelumnya ada pada dimensi dan ukuran ban. Intinya agar para pembalap dapat lebih memaksimalkan kecepatan dan berujung pada makin serunya musim balap F1 ke depan.

Mobil balap F1 2017 bakal lebih lebar dari sisi dimensi yang lebarnya kini mencapai 2 meter. Sementara ukuran ban juga dibuat mmakin lebar yang berakibat akan menambah grip kendaraan baik saat berakselerasi maupun bermanuver. Efek negatif dari pengendaraan yakni understeer juga mampu direduksi dengan ubahan pada ukuran ban ini.

Detailnya secara umum dapat dilihat dari video berikut ini.

[Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual