Lingkar Kemudi Ternyata Lebih Kotor Dibandingkan Toilet Umum

Berita Otomotif

Lingkar Kemudi Ternyata Lebih Kotor Dibandingkan Toilet Umum

LONDON - Lingkar kemudi ternyata empat kali lebih kotor dari toilet umum, ini fakta bukan mitos.

Hal ini disampaikan dalam studi yang dikeluarkan oleh CarRental.com. Pada lingkar kemudi ditemukan adanya 629 colony-forming units (CFUs) yang artinya enam kali lebih kotor dari layar handphone dan empat kali lebih kotor dari toilet umum.

Lingkar kemudi pun diklaim menjadi bagian terkotor dalam interior mobil dibandingkan bagian lainnya. Sebagai perbandingan, cop holder hanya ditemukan 506 CFUs, Seat belt 403 CFUs dan handle pintu bagian dalam 256 CFUs.

Meski terdengar sangat kotor, cara membersihkannya sebenarnya cukup mudah. Pengguna kendaraan hanya harus lebih rajin dalam membersihkan kendaraan dan menggunakan cairan pembersih khusus. Dengan rutin melakukan perawatan mobil khususnya pada bagian interior, maka diharapkan kuman tidak akan terlalu ‘betah’ untuk tinggal di dalam mobil.

Sayangnya, banyak yang tidak melakukan hal tersebut. Dari 1000 orang yang di survey, 32 persen di antaranya hanya membersihkan kendaraannya satu kali setahun. Bahkan 12 persen dari total responden mengaku bahwa mereka tidak membersihkan kendaraannya sama sekali.

Kondisi tersebut diperparah kebiasaan buruk pengemudi yang seharusnya tidak dilakukan di dalam mobil. Sebut saja makan di dalam mobil. Tercatat, 20 persen dari total responden mengaku sering melakukannya.

Kebiasaan ini tentunya dapat memberi dampak negatif pada kondisi tubuh para pengendara dan penumpangnya. Untuk itu, mengurangi kebiasaan buruk di dalam mobil rasanya adalah hal yang harus mulai diperhatikan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support