Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Lingkar Kemudi Ternyata Lebih Kotor Dibandingkan Toilet Umum

Berita Otomotif

Lingkar Kemudi Ternyata Lebih Kotor Dibandingkan Toilet Umum

LONDON - Lingkar kemudi ternyata empat kali lebih kotor dari toilet umum, ini fakta bukan mitos.

Hal ini disampaikan dalam studi yang dikeluarkan oleh CarRental.com. Pada lingkar kemudi ditemukan adanya 629 colony-forming units (CFUs) yang artinya enam kali lebih kotor dari layar handphone dan empat kali lebih kotor dari toilet umum.

Lingkar kemudi pun diklaim menjadi bagian terkotor dalam interior mobil dibandingkan bagian lainnya. Sebagai perbandingan, cop holder hanya ditemukan 506 CFUs, Seat belt 403 CFUs dan handle pintu bagian dalam 256 CFUs.

Meski terdengar sangat kotor, cara membersihkannya sebenarnya cukup mudah. Pengguna kendaraan hanya harus lebih rajin dalam membersihkan kendaraan dan menggunakan cairan pembersih khusus. Dengan rutin melakukan perawatan mobil khususnya pada bagian interior, maka diharapkan kuman tidak akan terlalu ‘betah’ untuk tinggal di dalam mobil.

Sayangnya, banyak yang tidak melakukan hal tersebut. Dari 1000 orang yang di survey, 32 persen di antaranya hanya membersihkan kendaraannya satu kali setahun. Bahkan 12 persen dari total responden mengaku bahwa mereka tidak membersihkan kendaraannya sama sekali.

Kondisi tersebut diperparah kebiasaan buruk pengemudi yang seharusnya tidak dilakukan di dalam mobil. Sebut saja makan di dalam mobil. Tercatat, 20 persen dari total responden mengaku sering melakukannya.

Kebiasaan ini tentunya dapat memberi dampak negatif pada kondisi tubuh para pengendara dan penumpangnya. Untuk itu, mengurangi kebiasaan buruk di dalam mobil rasanya adalah hal yang harus mulai diperhatikan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang