Kia: Konsumen Indonesia Mau Mobil Keren tapi Tak Mahal, Kami Coba Penuhi

Berita Otomotif

Kia: Konsumen Indonesia Mau Mobil Keren tapi Tak Mahal, Kami Coba Penuhi

JAKARTA – Kia menyebut strategi terbaru mereka saat ini di Indonesia, setelah bangun dari ‘mati suri’, adalah berusaha selalu memberikan kendaraan sesuai karakter konsumen negeri ini yang unik.

Seperti diketahui, Kia sempat menghilang di Indonesia selama beberapa tahun hingga akhirnya diambil alih oleh Indomobil Group. Mereka mulai kembali berjualan sambil menata ulang jaringan penjualan dan purnajual pada akhir 2019, kemudian merilis Seltos yang punya desain keren, harga permulaan di bawah Rp 300 juta, tapi berfitur luar biasa lengkap di segmennya yaitu SUV Medium. Ulasan mengenai fitur dan rasa berkendara Seltos bisa dibaca di tautan ini.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha, mengaku ke depannya mereka akan berusaha selalu memberikan produk dengan fitur lebih dan harga amat kompetitif. Apalagi karakter konsumen di Indonesia cukup unik.

“Konsumen kita (Indonesia) memang agak sedikit unik, ya. Maunya (mobil) keren tapi enggak mau mahal-mahal. Resale value (harga jual kembali) juga mesti gampang, urusan bengkelnya juga begitu. Kami akan mencoba memenuhi semuanya sebisa kami,” ujar dia dalam siaran langsung acara ‘Ngobral’ via akun Facebook Mobil123.com pada Rabu (24/6/2020) sore.

Kia sementara ini berjualan dengan lima model. Satu adalah model yang benar-benar baru ada di pasar Indonesia yakni Seltos, sedangkan empat lainnya adalah model-model terdahulu yaitu hatchback Rio, city car Picanto, multi purpose vehicle (MPV) Grand Sedona, plus kendaraan niaga K-27.

Prinsipal Kia di Korea Selatan sendiri, menurut Ario, sudah menyiapkan rencana produk menarik untuk beberapa tahun ke depan. Indomobil Group melihat produk-produk tersebut amat berpotensi di Tanah Air, tapi ia tidak merincikannya lebih lanjut.

“(Produk-produk masa depan) Kia sangat-sangat menarik untuk dipasarkan di Indonesia. Kami sebagai Indomobil Group merasa yakin Kia akan memiliki masa depan baik. Apalagi dengan komitmen kami untuk terus membukan jaringan dan melayani konsumen,” pungkasnya.

Kia secara total saat ini memiliki 20 dealer di seluruh Indonesia. Dealer-dealer itu terbagi menjadi yang berfasilitas 2S (service and spare parts/servis dan suku cadang) serta 3S (sales, service, spare parts/penjualan, servis, dan penyimpanan suku cadang). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar