Kia Grand Sedona Diesel Percaya Diri Curi Pasar Innova dan Fortuner

Berita Otomotif

Kia Grand Sedona Diesel Percaya Diri Curi Pasar Innova dan Fortuner

JAKARTA – Kia Grand Sedona diesel percaya diri menyasar pasar multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV) diesel berharga Rp 500 juta ke atas seperti Toyota Kijang Innova plus Toyota Fortuner. Kia mengklaim produk mereka punya modal yang cukup untuk mencuri sedikit pasar mereka.

Grand Sedona meluncur di Indonesia pada Rabu (18/7/2018), dua tahun setelah varian mesin bensinnya. Sebenarnya model berharga Rp 595 juta on-the-road Jakarta ini adalah MPV diesel yang sekelas dengan Kijang Innova Venturer diesel, tapi Kia terang-terangan menyatakan juga menyasar konsumen SUV diesel semisal Fortuner atau pun Mitsubishi Pajero Sport.

“Secara demografis, kami menyasar laki-laki berusia lebih dari 40 tahun dengan pekerjaan wirausahawan atau profesional dengan jabatan minimal general manager berpenghasilan lebih dari Rp 40 juta per bulan. Mereka adalah pemakai diesel, baik itu SUV besar maupun MPV besar. Mereka orang-orang yang pentingkan keamanan serta kenyamanan, value for money, berani tampil beda,” papar Harry Yanto, Business Development General Manager PT. Kia Mobil Indonesia (KMI) dalam acara peluncuran di Ancol, Jakarta.

Harry menjelaskan bahwa modal pertama Grand Sedona adalah sasis monocoque. Ini berbeda dengan kebanyakan kompetitor yang masih ladder frame.

“Mobil-mobil itu rata-rata masih menggunakan sasis untuk mobil komersial yaitu ladder frame, beda dengan Grand Sedona yang monocoque karena secara mendasar benar-benar dikembangkan sebagai mobil penumpang,” lanjut dia.

Di samping itu, Kia mengklaim Grand Sedona punya 10 modal yang belum dimiliki oleh MPV maupun SUV diesel lain. Kesepuluh hal itu adalah struktur bodi AHSS (Advance High Strength Steel) berteknologi Hot Stamped Steel (HSS), mesin diesel 197,26hp (200 ps) dan 441,29 Nm, Dual Power Sliding Door plus Smart Tail Gate, Dua Sunroof, Roll Up Window Sun Shade, Variable Seat Variant 8+++, Projector Fog Lamp, Front Electric Seats with Walk In Device, sampai Wireless Charger.

“Mesin ini punya power terbesar di segmennya, atau di kelas harga itu. Secara torsi, kami juga yang terbesar,” tambah Harry.

Grand Sedona, baik yang mesin bensin maupun diesel, ditargetkan berkontribusi sekitar separuh dari target total penjualan Kia tahun ini yang mencapai kisaran 1.000 unit.

“Untuk Grand Sedona bensin itu targetnya 90 unit sampai akhir tahun. Kalau yang diesel itu 80 unit tapi per bulan, bukan sampai akhir tahun,” kata Theodorus Prawira, Sales and Network Development General Manager KMI. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual