Kia Seltos Tak akan Dibuat Jadi 7 Penumpang Seperti Wuling Almaz

Berita Otomotif

Kia Seltos Tak akan Dibuat Jadi 7 Penumpang Seperti Wuling Almaz

JAKARTA – Kia Seltos tak akan mengikuti jejak Wuling Almaz di Indonesia, yang memiliki varian berkapasitas lima penumpang maupun tujuh penumpang.

Seltos meluncur di Tanah Air pada Januari 2020 dengan harga Rp 295 – 355 juta on-the-road Jakarta dan banderol tersebut masih bertahan sampai detik ini. Ini adalah sport utiity vehicle (SUV) pertama dan satu-satunya yang dijual Kia sejauh ini di bawah agen pemegang merek baru yaitu PT. Kreta Indo Artha.

Tren SUV sendiri ikut melanda Indonesia, termasuk di masa pandemi virus Corona (Covid-19). Semakin banyak merek yang merilis SUV di Tanah Air, khususnya yang berkapasitas tujuh penumpang dengan rentang harga Rp 200 – 300 juta-an.

Seltos, di sisi lain, hanya berkapasitas lima penumpang. Meski demikian, eksekutif Kia di Indonesia memastikan model tersebut tidak akan memiliki versi tujuh penumpang.

“Seltos itu kami sebut sebagai crossover SUV sebenarnya. Kompetitornya bukan model-model tujuh penumpang juga dan kami enggak mau bikin versi tujuh penumpangnya,” tegas Ario Soerjo selaku Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha dalam diskusi virtual ‘Ngobral’ di Facebook Mobil123.com pada 24 Juni 2020.

Ario mengatakan prinsipal Kia di Korea Selatan sudah memiliki perencanaan produk menarik di masa depan, termasuk di segmen SUV. Karena itulah, agen pemegang merek Kia di Nusantara sudah berencana meluncurkan berbagai SUV lain, termasuk yang berkapasitas tujuh penumpang.

“Nanti untuk yang berkapasitas tujuh penumpang ada lagi yang lain,” beber dia.

Pesaing Seltos di segmen SUV berharga Rp 200 – 300 jutaan yang memiliki varian tujuh penumpang serta lima penumpang adalah Almaz. Varian lima penumpang Almaz meluncur dulu pada awal 2019, dilanjutkan dengan yang berkapasitas lebih banyak pada Juli tahun itu juga.

Varian Seltos
Seltos kini dijual di Indonesia dengan tiga varian yang semuanya bermesin 1.4-liter turbo plus transmisi otomatis Dual-Clutch. Ada E (Rp 295 juta on-the-road Jakarta), EX (Rp 320 juta), hingga EX+ (Rp 355 juta).

Ario membuka kemungkinan membawa opsi lebih banyak ke depannya.

“Mungkin saja variannya akan bertambah,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar