Kabel Pengisian Mobil Listrik Jadi Sasaran Pencuri Karena Harga Jualnya Cukup Menarik

Berita Otomotif

Kabel Pengisian Mobil Listrik Jadi Sasaran Pencuri Karena Harga Jualnya Cukup Menarik

AMSTERDAM - Kabel pengisian mobil listrik khususnya Tesla Model 3 kini dibidik para pencuri karena punya harga jual yang cukup menarik.

Kasus pencurian kabel pengisian Tesla ini banyak datang dari Belanda. Beberapa pemilik mobil listrik melaporkan kehilangan yang kabarnya dilakukan oleh sekelompok pencuri profesional.

"Polisi di Amsterdam Selatan sudah menerima 21 laporan kehilangan kabel pengisian daya mobil listrik terutama dari para pemilik Tesla. Laporan kehilangann ini diterima pada 20 November sampai 4 Desember 2020," isi laporan Kepolisian seperti yang di quote oleh situs berita Belanda AD.

Menurut Electric Riders Association, kabel sepanjang 5 - 7 meter ini cukup berharga dengan nilai jual sekitar Rp 5 jutaan dalam kondisi baru. Sementara barang copotan atau barang curian yang banyak beredar di pasar gelap dijual dengan harga kurang lebih setengah dari barunya atau sekitar Rp 2.5 jutaan.

Secara spesifik, kabel pengisian Tesla Model 3 yang paling sering dicuri. Ini pastinya karena populasi mobil bikinan pabrik milik Elon Musk cukup besar alias cukup laris di hampir seluruh belahan dunia.

Kabel Pengisian Mobil Listrik Jadi Sasaran Pencuri

Saat ini cerita pencuriannya mengingatkan kita ke jaman masa 70, 80 hingga 90an di mana radio tape kerap hilang dengan mudah karena dicuri maling-maling spesialis perangkat pemutar musik ini. Lalu bagaimana para pencuri bisa dengan mudah mencuri kabel pengisian daya?

Beberapa orang menduga, kabel ini dapat dengan mudah dicuri karena terdapat masalah atau cacat pada perangkat yang disebabkan oleh musim dingin. Dugaan muncul karena pernah ada laporan dari beberapa negara di mana pemilik mengalami kesulitan melepas kabel pengisi daya dari port pengisi daya.

Tesla kemudian menjawab keluhan tersebut dengan memberikan update pada software yang kemudian dirilik kepada konsumen. Namun setelahnya, beberapa pemilik mengeluh tidak ada perubahan pada perbaikan tersebut.

Kabel Pengisian Mobil Listrik Jadi Sasaran Pencuri
Mungkin kerusakan ini juga diketahui oleh pencuri, saat para pemilik lengah waktu kabel masih sulit dilepas dan tidak diletakan di tempat semestinya. Para pemilik berharap Tesla mengambil langkah optimal agar dapat menyelesaikan masalah ini.

Alternatif tindakan pengamanan yang paling bisa segara dilakukan adalah memanfaatkan fitur Sentry Mode atau mode penjaga. Karena secara umum lewat fitur ini pemilik dapat mengetahui bila terjadi aktivitas mencurigakan di sekitar mobil dan mendapat peringatan dari aplikasi Tesla yang bisa diakses melalui smartphone.
 
Sejauh ini Tesla belum menemukan solusi mengatasi masalah, kepada konsumen atau pemilik mobil dihimbau untuk lebih berhati-hati. Terlebih para pemilik Tesla yang berada di daerah dingin atau bersalju. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar