Keren! Polisi Kini Punya Tesla Buat Patroli di Jalan

Berita Otomotif

Keren! Polisi Kini Punya Tesla Buat Patroli di Jalan

JAKARTA – Korlantas Polri akan menggunakan mobil Tesla Model 3 sebagai kendaraan patroli mereka.

Mobil listrik ini merupakan hibah dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan diharapkan busa menjadi pengenalan mobil listrik di Kepolisian. Tentunya, dengan lebih mengenal kendaraan listrik maka bukan tidak mungkin ke depannya Kepolisian akan menggunakannya.

“Hari ini kita dihibahkan satu unit kendaraan Tesla untuk patroli lalu lintas. Dengan mobil liatrik ini bisa memotivasi kita kedepannya rencanakan menggunakan mobil listrik,” Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Istiono, M.H.

Mobil untuk Korlantas ini sudah disesuaikan kebutuhan tugas patroli. Mulai dari pemasangan lampu strobo pada bagian atap serta stiker khas biru-merah berikut logo kepolisian pada bagian pintu yang cukup mencolok.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum IMI mengungkapkan bahwa pemberian kendaraan tersebut bukan tanpa alasan. Ia berharap bahwa dengan adaanya mobil listrik ini bisa meningkatkan ekosistem kendaraan listrik secara keseluruhan.

"Jika baterai penuh, mobil Tesla yang dihibahkan tersebut bisa menempuh jarak 400 KM. Pengisian baterainya pun tidak memakan waktu lama, cukup 4-6 jam sudah bisa penuh. Penggunaan mobil listrik oleh jajaran Korlantas diharapkan akan memasifkan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik," ujar Bamsoet.

Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5.6 detik. Mobil ini dapat dipacu hingga kecepatan maksimalnya 225 Km/jam sehingga akan sangat cocok bagi Kepolisian yang tengah melakukan pengejaran panjat.

Selain itu, fitur futuristik yang hadir dalam menunjang kenyamanan dan keamanan pada Tesla Model 3, antara lain : Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 Inci, Sistem Audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV & infrared.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan patroli kepolisian bukanlah hal aneh. Pasalnya.ada banyak negara tetangga seperti Australia, Swiss, Amerika, Inggris, dan Spanyol.

Kehadiran mobil listrik sebagai kendaraan Kepolisian sebenarnya bukanlah hal baru. Sebelumnya, Kepolisian Jawa Barat juga sudah menggunakan Hyundai Ioniq untuk melakukan pengawalan terhadap VIP. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar