Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jokowi Ungkap Pengalaman Disopiri Mahathir Pakai Proton

Berita Otomotif

Jokowi Ungkap Pengalaman Disopiri Mahathir Pakai Proton

BOGOR – Presiden Joko Widodo ternyata punya pengalaman unik dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad. Jokowi, sapaan akrabnya, pernah disopiri Mahathir dalam kecepatan hingga 180 km/jam menggunakan Proton.

Cerita ini, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, turut mewarnai pertemuan antara Jokowi dengan Mahathir pada Jumat (29/6/2018) di Istana Bogor. Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang dikunjungi Mahathir setelah menjadi Perdana Menteri.

Menurut Jokowi, kejadian disopiri oleh Mahathir terjadi di sela-sela kunjungannya ke ‘Negeri Jiran’ pada 2015. Ketika itu, Mahathir belum menduduki jabatannya sekarang.

Dalam kunjungan tiga tahun lalu, Jokowi dibawa dalam sesi test drive mobil nasional Malaysia yakni Proton.  Ternyata, sosok yang berada di balik setir kemudi ialah Mahathir Mohammad.

Mahathir, kini sudah berusia 92 tahun, tidak mengemudikannya secara perlahan. Ia mengebut hingga speedometer menunjukkan angka 180 km/jam.

“Sangat cepat sekali. Tapi saya tidak takut, saya tidak khawatir karena driver-nya adalah Bapak Tun Mahathir. Kalau driver-nya bukan beliau saya kira mungkin saya takut,” aku Jokowi, disambut senyum Mahathir di sampingnya.

Delegasi Indonesia bertemu dengan delegasi Malaysia untuk membicarakan beberapa hal, di antaranya ialah penguatan hubungan Indonesia – Malaysia plus isu perbatasan kedua negara. Keduanya mendiskusikan pula perihal perlindungan tenaga kerja Indonesia di Malaysia.

Jokowi dan Mahathir kemudian shalat Jumat bersama di Istana Bogor.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang