Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki S-Presso dan Grand Vitara Ternyata Berstandar Euro 6, Bensin Jangan Pertalite!

Berita Otomotif

Suzuki S-Presso dan Grand Vitara Ternyata Berstandar Euro 6, Bensin Jangan Pertalite!

BOGOR – Tak disangka, standar emisi gas buang untuk Suzuki S-Presso dan Suzuki Grand Vitara hybrid ternyata sangat tinggi. Ini berpengaruh pada rekomendasi jenis bahan bakar minyak (BBM) untuknya.

Menurut Technical Training 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Heri Purwoko, ada dua mobil Suzuki di Indonesia yang standar emisi gas buangnya setara Euro 6. Keduanya ialah Grand Vitara hybrid dan S-Presso yang sama-sama diimpor utuh (completely built up/CBU) dari India.

Sekadar mengingatkan, Grand Vitara hybrid mengaspal di Indonesia pada Februari 2023 dan kini kisaran harganya Rp359,4-387,4 juta on the road (OTR) Jakarta. Adapun S-Presso meluncur pada Agustus 2022 dan sekarang rentang harganya Rp168,3-178,3 juta OTR Jakarta.

Suzuki S-Presso

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa standar emisi gas buang tinggi membuat BBM Grand Vitara hybrid maupun S-Presso sebaiknya jangan yang setara Pertalite karena RON alias Research Octane Number-nya hanya 90.

 “Rekomendasi dari kami, sih, yang RON-nya 92 ke atas,” ucap dia di sela-sela Media Test Drive Suzuki Jimny 5-door beberapa waktu di Bogor, Jawa Barat.

Artinya, Grand Vitara hybrid maupun S-Presso disarankan untuk paling tidak 'meminum' bensin yang setara dengan Pertamax (RON 92).

Heri menjelaskan bahwa rasio kompresi Grand Vitara hybrid dan S-Presso masing-masing ialah 12:1 dan 11,5:1. Penggunaan bensin yang RON-nya lebih rendah dari rekomendasi pabrikan akan menimbulkan potensi mesin ‘menggelitik’ ketika digunakan.

Suzuki Grand Vitara hybridMesin Grand Vitara hybrid sendiri berkode K15C, sedangkan untuk S-Presso K10C. Secara spesifikasi, kedua mesin ini lebih modern karena sudah menggunakan Dual VVT dan Dual Injector.

Spesifikasi mesin semodern itu pada Grand Vitara hybrid serta S-Presso, selain berdampak pada rekomendasi BBM yang lebih tinggi, juga berefek pada spesifikasi olinya yang juga lebih encer.

“Perbedaan lainnya, mesin-mesin itu sudah ditambahkan cooling jet di bawah piston untuk mendinginkan piston,” jelas Heri.

Technical Quality 4W SIS Iwan Setiawan menambahkan bahwa menurut data internal Suzuki, sejauh ini belum ada pengguna S-Presso atau pun Grand Vitara hybrid yang mengeluhkan mesin mobil mereka ‘menggelitik’ karena penggunaan BBM di bawah rekomendasi.

“Yang sudah ada adalah complain (keluhan) mengenai masa pakai komponen yang lebih pendek karena bensin yang tak sesuai…. Komponen-komponennya itu ring piston atau piston,” terang dia. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang