Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mazda Akhirnya Pastikan Perakitan di Indonesia! Model Lokal Pertama CX-3?

Berita Otomotif

Mazda Akhirnya Pastikan Perakitan di Indonesia! Model Lokal Pertama CX-3?

JAKARTA – Mazda akhirnya akan memiliki pabrik perakitan lokal di Indonesia.

Mazda, melalui keterangan resmi pada pertengahan pekan ini, mengumumkan proses pendirian pabrik atau pusat perakitan di Indonesia. Lokasinya berada di Jawa Barat, tapi tidak dijelaskan secara detail.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di negeri ini membenamkan investasi Rp400 miliar untuk proyek tersebut. Adapun model pertama yang akan dirakit adalah compact crossover karena ‘lezatnya’ segmen itu di pasar otomotif Indonesia maupun bagi Mazda.

Sayang, identitas modelnya tidak dibuka secara gamblang. Akan tetapi, sebagai gambaran saja, merek asal Hiroshima, Jepang ini sekarang menjual dua compact crossover di Indonesia yaitu Mazda CX-30 dan Mazda CX-3.

compact crossover Mazda CX-30

Mazda diketahui sudah menggodok rencana perakitan di Bumi Pertiwi selama beberapa tahun terakhir. Dari informasi terakhir, pihaknya ingin bekerja sama dengan perusahaan manufaktur otomotif di Indonesia dan bukan membangun pabrik dari nol.

Pabrik atau pusat perakitan Mazda di Indonesia, menurut pernyataan pers, didirikan karena Mazda Corporation melihat besarnya potensi pasar otomotif di Tanah Air. Managing Director EMI Ricky Thio merasa terhormat diberikan kepercayaan oleh prinsipal untuk mendirikannya.

“Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia dengan lebih efisien dan efektif. Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia agar hadir dengan kualitas setara kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang (completely built up/CBU),” papar Ricky.

pabrik Mazda di Indonesia

Seremoni proses pendirian pabrik atau pusat perakitan Mazda di Indonesia digelar secara privat pada Maret 2024.

Turut hadir dalam acara antara lain para eksekutif EMI, CEO PT Eurokars Group Indonesia Herbert Kwee, Managing Executive Officer Mazda Corporation Hironori Tanaka, Fungsional Pembina Industri Tim Kerja Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian Kemal Rasyad, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara.

“Dalam merencanakan pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, kami memprioritaskan kontribusi kami pada pemberdayaan masyarakat lokal, terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk membantu masyarakat berkembang,” tutup Ricky. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang