Esemka Belum Jelas, Jokowi Kembali Disopiri Mahathir Naik Mobnas Malaysia

Berita Otomotif

Esemka Belum Jelas, Jokowi Kembali Disopiri Mahathir Naik Mobnas Malaysia

JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia kembali sopiri Presiden Joko Widodo menggunakan Proton dalam kunjungan ke ‘Negeri Jiran’.

Aksi diplomasi unik dari Mahathir ini pernah pula ia lakukan empat tahun lalu ketika Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, melakukan kunjungan kenegaraan ke Malaysia. Hal tersebut ia ulangi dalam kunjungan kedua Jokowi pada Jumat (9/8/2019).

Perdana menteri berusia 94 tahun ini, seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet, menyopiri orang nomor satu di Indonesia tersebut usai pertemuan bilateral di Perdana Putra Building lantai 5, Putrajaya. Mahathir mendaulat Jokowi naik mobil nasional Malaysia, Proton, menuju kediamannya di Seri Perdana untuk santap siang bersama.

Begitu keluar dari lift, Jokowi dan Mahathir langsung menuju mobil Proton Persona berwarna merah dengan plat nomor B 2367 A yang telah diparkir tepat di depan lift. PM Mahathir kemudian mempersilakan Jokowi untuk naik dan duduk di baris depan, tepat di sebelah kursi kemudi. Mahathir kemudian langsung duduk di kursi kemudi.

Diiringi mobil dan motor pengawal, mobil yang ditumpangi kedua pemimpin pun melaju perlahan, diikuti rangkaian mobil lain di belakangnya. Rangkaian kendaraan terus melaju hingga tiba di Seri Perdana, Putrajaya.

Penghormatan dari orang nomor wahid Malaysia saat ini tersebut belum selesai. Begitu acara santap siang berakhir, Mahathir, masih dengan mobil yang sama, kembali menyopiri Jokowi.

Tujuan selanjutnya adalah Masjid Putra untuk melaksanakan salat Jumat bersama. Kedua pemimpin disambut oleh Imam besar Masjid Putra, Ustdz. Lukman Mohd Hosni.

Usai melaksanakan salat Jumat sekitar pukul 14.30 Presiden Jokowi keluar masjid dan langsung menuju Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia untuk melanjutkan kunjungannya ke Singapura.

Jokowi sempat membuat vlog ketika berada di dalam mobil, kemudian mengunggahnya di akun resmi dia sehari kemudian. Per Senin (12/8/2019) siang, sudah ada lebih dari 147 ribu orang yang melihat vlog itu.

Pria yang akan dilantik untuk menjalani periode kedua sebagai presiden pada Oktober mendatang ini pun menceritakan pengalaman disopiri Mahathir di dalam akun Instagram resminya. Menurut dia, kali ini, Mahathir lebih kalem dalam membawa mobil.

“Ini kali kedua saya mendapat kehormatan duduk di mobil yang dikemudikan Dr. M. Lebih empat tahun lalu, saat berkunjung ke Malaysia, beliau juga mengajak saya untuk test drive mobil Proton yang disetir sendiri. Kecepatannya sungguh mendebarkan: sampai 180 kilometer per jam. Tapi perjalanan hari ini lebih kalem. Pelan-pelan melaju dalam rangkaian kendaraan hehe,” papar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support