Esemka Keduluan Mobil Nasional Vietnam Bernama VinFast Fadil

Berita Otomotif

Esemka Keduluan Mobil Nasional Vietnam Bernama VinFast Fadil

JAKARTA - Esemka lebih dulu menggaung namanya daripada VinFast, merek mobil Vietnam. Namun, mobil nasional Vietnam itu malah mengungguli Esemka dengan hatchback bernama Fadil sebagai model perdana.

Vinfast, menurut laporan Automotive News, mulai didistribusikan kepada konsumen domestik pada Senin (17/6/2019). Sebelum itu, tepatnya pada Jumat (14/6/2019), mereka melakukan rollout ceremony atau upacara keluarnya unit yang sudah selesai dirakit dari jalur produksi.

VinFast terbukti bergerak lebih cepat dan lebih pasti dari Esemka yang sudah muncul namanya selama lebih dari 1 dekade, dengan kabar rencana peluncurannya yang selalu timbul-tenggelam. Berdasarkan pengamatan mobil123.com, di hari sama dengan dimulainya distribusi mobil nasional Vietnam, Esemka menjadi salah satu trending topic di Twitter dan terdapat warganet yang membanding-bandingkannya dengan VinFast.

Lebih lanjut, momen bersejarah bagi Vietnam ini ditandai dengan kehadiran orang nomor satu di negara tersebut yaitu Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc. Ia menjelaskan bahwa kehadiran VinFast bakal memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

“Ini menegaskan kebijakan dari Partai Komunis bahwa sektor privat menjadi pengarah yang sangat penting bagi perekonomian. Saya ingin VinFast juga menembus pasar regional dan global,” tegasnya.

VinFast ingin menjadi merek asli Vietnam pertama yang mampu bertahan melawan merek-merek asing besar seperti Toyota, Ford, Honda. Sebelum ini Vietnam sebenarnya sudah punya mobil bermerek lokal yaitu Vinaxuaki yang diproduksi Xuan Kien Automobile, akan tetapi mereka gagal menahan kekuatan merek-merek global dan berhenti berjualan pada 2015.

Model yang diperlihatkan dalam rollout ceremony adalah hatchback Fadil seharga 394,5 juta dong (Rp 241,44 juta). VinFast berencana pula memproduksi sedan, sport utility vehicle (SUV), plus sepeda motor listrik.

Kejutan Fadil
Hatchback Fadil sebelum ini tak pernah disebut-sebut dalam keterangan VinFast kepada media massa. Mereka lebih menonjolkan sedan Lux A2.0 sekaligus Lux SA2.0 hasil desain Pininfarina yang sudah menjalani debut global dalam Paris Motor Show 2018 dengan bintang tamu David Beckham.

VinFast merupakan bagian VinGroup, raksasa otomotif yang didirikan oleh Pham Nhat Vuong pada 1993. VinGroup memiliki beragam bisnis, tapi paling menonjol di bidang properti.

Pabrik VinFast, yang baru mulai dibangun pada 2017 di Haiphong, mempunyai total kapasitas produksi 250 ribu unit per tahun untuk fase pertama operasi. Pada 2025, mereka berencana meningkatkannya hingga 500 ribu unit.

Tahun lalu, korporasi ini menjelaskan ekspor dimulai pada pertengahan 2020. Pada 2017, mereka pernah mengatakan rencana investasi sampai total 3,5 miliar dollar AS (Rp 50,21 triliun).

Model-model VinFast dikembangkan dengan bantuan BMW. Platform serta mesin sedan Lux A2.0 serta SUV Lux SA2.0 menggunakan milik pabrikan asal Jerman tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support