Joan Mir Ingin Cicipi Kemenangan, Ini Strateginya

Berita Otomotif

Joan Mir Ingin Cicipi Kemenangan, Ini Strateginya

BARCELONA – Joan Mir untuk keempat kalinya naik podium di MotoGP 2020 dan sekarang mengincar kemenangan pertamanya.

Sebagai pembalap, target utamanya tentu adalah mencari gelar juara. Untuk mendukung hal itu, meraih kemenangan pada setiap serinya menjadi bagian yang tidak kalah penting. Dengan tampil konsisten, tentunya seorang pembalap bisa mewujudkan mimpinya meraih gelar.

Mengawali MotoGP 2020, Mir berhasil mengungguli rekan satu timnya Alex Rins dalam pencapaian di balapan. Rider asal Spanyol ini beberapa kali berhasil naik podium, meskipun tidak start dari grid terdepan. Ia tampil ciamik setidaknya dalam empat balapan terakhir.

Berkat tampil ciamik pada tiga seri balapan sebelumnya, namanya kini diperhitungkan sebagai calon peraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Tidak hanya itu, Ia juga menjadi pelipur lara tim Suzuki yang cukup lama tidak merasakan indahnya berada di podium.
Joan Mir
Start dari posisi delapan, rider tim Suzuki Ecstar tersebut beruntung terhindar dari keruwetan lap pertama. Dengan menggunakan ban kompon soft depan dan belakang, langkahnya pada balapan kali diakui tidaklah mudah.

“Ini bukanlah balapan yang mudah. Ketika Anda start dari baris ketiga, ada beberapa risiko yang yang harus di tempuh untuk bisa hadir ke depan. Banyak kemungkinan yang akan terjadi, salah satu contohnya adalah yang dialami Dovi (Andrea Dovizioso),” ucap Mir seperti dikutip Speedweek.com.

Dovi yang merupakan korban dari Johann Zarco, harus menelan pil pahit kehilangan posisi di klasemen sementara MotoGP 2020. Pembalap Ducati tersebut tidak membawa pulang poin sama sekali, sedangkan rivalnya Fabio Quartararo berhasil memenangkan balapan.

“Hari ini saya sangat dekat dengan kemenangan, tapi Fabio melakukan kinerja yang baik dan pantas menerima kemenangan karena mampu mengatur ritme ban. Jika saya memulai balapan dari depan, tidak perlu membuang waktu melawan Miller. Ke depannya kami harus memperbaiki kinerja di kualifikasi untuk bisa memenangkan lomba,” tutur Mir kemudian.
Joan Mir
Di balik keberhasilan Mir, Rins juga mencetak prestasi dengan naik podium ketiga di MotoGP Catalunya 2020. Terakhir kalinya pembalap Suzuki naik podium secara berbarengan dicetak pada 2007. Maka bisa dibayangkan bagaimana kegembiraan tim berlogo S tersebut. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar