Dovizioso Menang Tanpa Perlawanan Berarti di MotoGP Austria 2020

Berita Otomotif

Dovizioso Menang Tanpa Perlawanan Berarti di MotoGP Austria 2020

SPIELBERG – Andrea Dovizioso menang cukup mudah di MotoGP Austria 2020 dengan mengalahkan Jack Miller dan Joan Mir.

Dovi mendapat kemudahan dalam memenangkan balapan kali ini karena selain absennya Marc Marquez. MotoGP Austria 2020 sempat ditunda karena terdapat kecelakaan yang cukup hebat dan melibatkan dua orang pembalapnya.

Kecelakaan yang dialami oleh Franco Morbidelli dan Johann Zarco, membuat petugas mengibarkan bendera merah, tanda balapan dihentikan. Karena lomba belum bergulir 2/3 dari jumlah putaran, maka start diulang dengan posisi terakhir di lintasan.

Jack Miller melakukan aksi luar biasa dalam menahan gempuran Joan Mir saat mempertaruhkan posisi kedua. Meskipun finish ketiga, Miller tetap puas bisa naik podium di MotoGP Austria 2020. Sementara Rossi menjadi rider Yamaha terbaik di sirkuit Red Bull Ring edisi pertama ini.

Jalannya lomba
Mengawali lomba dari posisi pertama, start yang dilakukan Maverick Vinales tidaklah sempurna. Karena para penunggang Ducati dan KTM langsung menguasai jalannya lomba. Bahkan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar ikut meramaikan barisan terdepan.

Sesuai prediksi, Yamaha YZR-M1 tidak bisa berbuat banyak di sirkuit Red Bull Ring, Austria. Daya motor yang lebih kecil, menjadi bulan-bulanan pembalap tim lain. Terlihat selain Rossi dan Vinales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli posisinya perlahan-lahan mulai tergerus.

Puncaknya saat Zarco berusaha menyalip Morbidelli di tikungan ketiga. Kedua pembalap bersentuhan dan terjatuh dalam kecepatan sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan kedua motornya terpelanting dan nyaris menimpa Rossi yang tengah melintas.
Dovi menang tanpa perlawanan Berarti

Beruntung kedua pembalap sepertinya tidak mengalami cedera serius. Zarco bisa kembali ke paddock dan Morbidelli bisa berjalan menuju ambulan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kecelakaan horor ini membuat balapan ditunda sementara.

Pada start kedua, dua Ducati kembali melejit. Meskipun Pol Espargaro masih bisa melakukan perlawanan, namun pada start kedua kali ini, Ia terlihat kurang percaya diri. Pol kerap membuat kesalahan yang membuatnya kehilangan posisi.

Nasib sial harus diterima oleh Pol, karena saat kembali melebar, Ia bersenggolan dengan Miguel Oliveira sehingga gagal melanjutkan balapan. Insiden dua motor KTM tersebut memberikan jalan untuk Suzuki tampil semakin menekan duo Ducati.

Alex Rins yang tampil percaya diri melakukan serangan cukup intensif. Setelah berhasil menyisihkan Miller, Rins langsung meneror Dovizioso yang berada di depannya. Tidak butuh waktu lama, Rins berhasil menyalip Dovi, namun Ia terjatuh karena kehilangan grip ban depan dan membuyarkan seluruh rencananya.

Dovi yang nyaman memimpin lomba, kian menjauh dari kejaran Miller dan Mir. Bahkan saat balapan memasuki tiga lap terakhir, Miller yang menggunakan ban depan dan belakang soft. Harus berjuang keras agar posisinya tidak direbut.
Dovi menang

Dovizioso melintasi garis finish di tempat pertama dengan jarak cukup jauh dari pesaingnya. Ini sekaligus menjadi kemenangan selama dua musim berturut-turut di sirkuit Red Bull Ring bagi Dovi. Miller harus mengakui ketekunan Mir dalam perebutan podium kedua. Lalu Rossi yang menguntit Brad Binder harus puas finish kelima, namun menjadi pembalap Yamaha terbaik di MotoGP Asutria 2020. [Dew/Ari]

Hasil MotoGP Austria 2020

  • Andrea Dovizioso Ducati Corse
  • Joan Mir Suzuki Ecstar
  • Jack Miller Pramac Ducati
  • Brad Binder KTM Factory
  • Valentino Rossi Monster Yamaha
  • Takaaki Nakagami LCR Honda
  • Danilo Petrucci Ducati Corse
  • Fabio Quartararo Petronas Yamaha
  • Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3
  • Maverick Vinales Monster Yamaha


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar