Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020 dengan Satu Kemenangan

Berita Otomotif

Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020 dengan Satu Kemenangan

VALENCIA – MotoGP Valencia 2020 berhasil melahirkan juara dunia baru yakni Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar.

Mir mengawali MotoGP 2020 sebagai pembalap yang tidak diunggulkan menjadi juara dunia. Berada di bawah bayang-bayang Alex Rins yang merupakan rekan satu timnya, prestasi Mir kalah mentereng dibandingkan partner-nya tersebut.

Sejumlah nama masih dijagokan untuk menjadi juara dunia, sebut saja Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso dan tentunya Marc Marquez sebagai juara bertahan. MotoGP 2020 sendiri sempat tertunda beberapa bulan karena covid-19.

MotoGP 2020 mulai kembali pada Juli dengan Jerez, Spanyol sebagai seri pembuka. Hasilnya mengejutkan karena Marquez terjatuh dan kemenangan berhasil diraih oleh Quartararo di seri pembuka.

Mir sendiri gagal finish pada balapan pertamanya di MotoGP 2020. Pun begitu dengan rekan satu timnya yang menyudahi balapan lebih cepat. Pada seri lanjutan di sirkuit yang sama, Mir meraih urutan kelima di belakang Takaaki Nakagami. Sementara Rins hanya finish kesepuluh.

Dari sinilah aura kebintangan Mir mulai terlihat. Ia terlihat lebih kalem dalam menyingkirkan lawan-lawan di depannya. Mir juga mampu tampil konsisten setiap serinya, sehingga raihan poinnya mulai merangkak naik.

Sementara MotoGP 2020 diwarnai nama-nama pemenang yang silih berganti. Sebut saja Brad Binder, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso dan Alex Rins. Perebutan gelar juara dunia sendiri silih berganti dari Quartararo menjadi Dovizioso di tengah musim.

Buah konsistensi Mir mulai terlihat memasuki putaran terakhir musim. Para pembalap Yamaha seperti Quartararo, Vinales, Rossi dan Morbidelli mengalami masalah pada motornya. Dovizioso yang berhasil merebut posisi puncak klasemen sementara juga kembali menemui kendala.
Joan Mir Juara Dunia
Walhasil posisi puncak direbut oleh Mir yang belum sama sekali meraih kemenangan. Kemenangan pertama Mir diraih pada MotoGP Valencia pertama. Setelah penantian panjang, rider pengguna nomor start 36 tersebut mengukir kemenangan pertamanya.

Catatan tersebut semakin manis karena pesaing terdekatnya yakni Quartararo hanya finish ke-14 dan membawa pulang dua poin. Memulai balapan di Valencia akhir pekan kemarin dari posisi 12, tidak menyurutkan nyalinya untuk mengunci gelar.

Dengan finish ketujuh saja, Mir sudah bisa mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. Hal ini karena para pesaingnya tidak bisa memenangkan balapan. Quartararo kembali terjatuh dan Rins hanya finish keempat.

Secara akumulatif, Mir telah mengumpulkan 177 poin. Selisih 29 poin dengan Morbidelli di posisi kedua. Dengan sisa satu balapan di Portimao, Portugal. Tidak ada lagi pembalap yang mampu mengalahkan raihan poin dari Mir.
Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020
Mir menjadi pembalap Suzuki pertama yang meraih gelar juara dunia MotoGP era 4Tak. Sebelumnya Kenny Roberts Jr meraih gelar juara dunia MotoGP (GP500) pada tahun 2000 bersama Suzuki. Mir juga menjadi pembalap pertama yang naik dari Moto3 dan menjuarai MotoGP.

Musim depan, tugas Mir akan lebih berat karena untuk mempertahankan gelar. Marc Marquez yang akan comeback musim depan bisa menjadi penantang seriusnya. Quartararo juga bisa menjadi lawan serius karena Ia sudah di tim pabrikan. Jack Miller yang menjadi pembalap pabrikan Ducati bersama Bagnaia juga bisa menjadi ancaman. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar