MotoGP Catalunya 2020: Quartararo Kembali Menang, Rossi Gagal Podium

Berita Otomotif

MotoGP Catalunya 2020: Quartararo Kembali Menang, Rossi Gagal Podium

BARCELONA – Fabio Quartararo kembali menunjukkan taringnya dengan memenangkan MotoGP Catalunya 2020.

Posisi kedua dihuni oleh duo Suzuki yang tampil ciamik meskipun memulai balapan di barisan tengah. Valentino Rossi, Franco Morbidelli dan Maverick Vinales yang dijagokan naik podium bersama justru kehilangan daya dari motornya. Bahkan Rossi menyudahi lomba lebih cepat karena terjatuh pada lap 15.

Jalannya lomba

Para pembalap Yamaha di MotoGP Catalunya 2020 diprediksi akan menguasai jalannya balapan. Faktanya selepas start hanya Morbidelli yang mampu keluar dari kerumunan di tikungan pertama. Rossi dari posisi ketiga sempat tergusur dua posisi, sementara Vinales mundur jauh ke belakang.

Dengan cuaca sirkuit Catalunya yang berawan, mayoritas pembalap menggunakan kombinasi ban kompon soft – soft. Hanya Pol Espargaro yang memilih ban depan medium. Walhasil persaingan para rider melakukan manuver berani sejak awal.

Rossi yang baru saja menentukan arah masa depannya di MotoGP 2021, menunjukkan performa ciamik pada balapan kali ini. Ia tidak membiarkan Morbidelli membuka jarak di depan dengan mencetak beberapa kali catatan waktu tercepat.

Quartararo sendiri tidak tinggal diam. Pembalap asal Perancis ini menunjukkan kemampuannya dalam menaklukkan Yamaha YZR-M1 2020. Dengan cukup sabar, Quartararo berhasil menyalip Jack Miller yang di depannya.

Setelah Miller, rider ini mengincar posisi Rossi yang berada di tempat kedua. Dengan melakukan slipstreaming, Quartararo mampu melampaui The Doctor. Pengguna nomor start 20 ini juga langsung tampil menekan rekan satu timnya Morbidelli.
Fabio Quartararo
Quartararo seperti mendapat suntikan motivasi baru, karena mengetahui Andrea Dovizioso mengalami insiden dan gagal melanjutkan balapan. Kejadian itu secara langsung membuka kesempatan untuk Quartararo kembali memuncaki klasemen.

Saat tengah meneror Morbidelli, Quartararo mendapat keuntungan dari kondisi ban. Anak didik Rossi di VR46 Academy ini kehilangan kendali motornya, sehingga harus rela posisinya direbut. Sementara pertarungan podium ketiga masih diperebutkan Miller dan duo Suzuki.

Pada MotoGP Catalunya 2020, tercatat beberapa pembalap terjatuh seperti Pol Espargaro, Johann Zarco, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi. Jatuhnya Dovi seperti membuka jalan untuk Quartararo mengambil alih posisi puncak di klasemen.

Cukup banyaknya para pembalap yang terjatuh, memudahkan duo Suzuki untuk terus merangsek ke depan. Setelah berhasil menyingkirkan Jack Miller, keduanya mampu tampil kencang dan memenuhi podium kedua dan ketiga. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar