Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Diujicoba Ketahanannya

Berita Otomotif

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek  Mulai Diujicoba Ketahanannya

KARAWANG - PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, operator Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol layang resmi melakukan uji pembebanan jembatan (loading test).

Titik pengujian pertama dilakukan di titik Pier Utara No. 490 – 490A yang terletak di Km 39 arah Cikampek. Pengujian dilakukan dengan menerapkan metode beban dinamis (frekuensi resonansi akibat impact) dan uji beban statis loading unloading maksimum (400 ton dengan menggunakan 16 truk kapasitas masing-masing truk antara 25-30 ton yang dibagi menjadi empat tahap).

“Uji beban dilakukan pada tipikal-tipikal lokasi yang unik. Malam ini baru dilakukan pada satu tipikal lokasi saja. Hasilnya untuk tipikal titik yang dilakukan uji beban malam ini tergolong aman,” tegas Basuki M. Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengujian yang dilakukan oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dimulai sejak pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Pengujian diperkirakan akan berlangsung sedikitnya hingga tiga minggu ke depan.

“Kami perkirakan untuk uji beban akan berlangsung selama tiga minggu. Namun simultan dengan uji beban, kami juga akan melakukan uji kelaikan dari sisi pengaspalan, perambuan, marka, PJU, kelengkapan CCTV, serta uji kekesatan dan kerataan jalan,” tegas Djoko Dwijono, Direktur Utama PT JJC.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) diharapkan siap untuk beroperasi pada libur Natal dan Tahun Baru 2020. Dengan demikian, kemacetan yang biasa terjadi di jalan tol Cikampek dapat terurai. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar