Jaguar I-Pace Ramah Terhadap Kaum Disabilitas

Berita Otomotif

Jaguar I-Pace Ramah Terhadap Kaum Disabilitas

WHITLEY - Jaguar I-Pace telah dilengkapi dengan teknologi Audible Vehicle Alert System untuk terhubung dengan kaum disabilitas yang berada di jalan raya.

Jaguar I-Pace merupakan mobil listrik yang tidak menghasikan suara mesin sama sekali. Hal tersebut memang menjadi sebuah senjata andalan Jaguar untuk mencuri perhatian konsumen dunia.

Meski menjadi sebuah kelebihan tersendiri, suara kendaraan dinilai sangat penting bagi kaum disabilitas yang berada di jalan raya atau trotoar. Oleh karena itu, Jaguar merancang sistem baru secara khusus untuk memberikan informasi kepada kaum disabilitas.

“Absennya suara mesin tradisional dalam kendaraan elektrik memunculkan masalah bagi pejalan kaki seperti orang tuna netra atau gangguan visual. Hal ini terutama berlaku pada kecepatan rendah di pusat kota dan tempat parkir mobil,” tutur Iain Suffield, NVH Technical Specialist Jaguar Land Rover

Jaguar telah merancang Audible Vehicle Alert System atau Sistem Peringatan Kendaraan Audibel (AVAS) yang unik. Sistem ini diklaim telah memenuhi dan melampaui undang-undang lalu lintas global yang akan segera diberlakukan.

Para insinyur dari Jaguar telah mengembangkan sejenis suara yang dapat didengar pada kecepatan hingga 20 km/jam dan melebihi standar minimum suara kendaraan hingga 56dB(A). Standar tersebut dipastikan menjadi syarat utama di undang-undang lalu lintas Eropa untuk semua mobil listrik baru pada Juli 2019.

Suara khusus I-Pace telah diuji oleh anggota Guide Dogs for the Blind (Anjing Pemandu Untuk Kaum Tunanetra) dan lembaga amal terkemuka untuk kaum tuna netra di Inggris. Insinyur Jaguar telah bekerja selama 4 tahun untuk mengembangkan suara khusus yang dapat didengar untuk kaum disabilitas, tidak obtrusif dan tak terdengar di dalam kabin kendaraan.

Para insinyur ini telah menguji berbagai suara di sejumlah lingkungan, termasuk ruangan anechoic (ruangan khusus tanpa gema) dan beberapa simulasi perkotaan sebelum memilih suara yang diinginkan. Suara ini dipancarkan dari speaker yang terletak di belakang grille depan, dapat didengar di setiap arah dan tidak dapat dinonaktifkan.

Suara peringatan ini meningkat dalam nada dan volume sesuai dengan kecepatan kendaraan, parkir dan adanya nada tambahan untuk mengindikasikan perubahan arah. AVAS tidak akan berfungsi pada kecepatan tinggi karena adanya suara angin dan gesekan ban yang cukup sehingga pejalan kaki mendengar kendaraan ini mendekat. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support