Jaguar Land Rover Tutup 1 Pabrik Selama 2 Pekan Gara-gara China

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Tutup 1 Pabrik Selama 2 Pekan Gara-gara China

COVENTRY – Jaguar Land Rover mengumumkan penutupan pabrik mereka di Solihull, Inggris selama dua pekan karena penjualan yang anjlok di China.

Pabrikan yang bermarkas di Coventry, Inggris ini, menurut Carscoops, akan menutup pabrik mereka selama jangka waktu yang ditentukan mulai 22 Oktober mendatang. Kebijakan ini muncul setelah transaksi jual-beli mereka di China pada September menukik 46 persen.

‘Negeri Tirai Bambu’ adalah pasar terbesar dan terpenting Jaguar Land Rover. Sebagai gambaran, pada 2017 negara ini menyumbang seperempat penjualan global mereka.

Nasib nahas di China menambah rentetan problem Jaguar Land Rover. Sebelum ini, mereka sudah menghadapi penurunan penjualan model-model diesel serta ketidakpastian Brexit.

“Sebagai bagian dari keberlanjutan strategi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan, Jaguar Land Rover fokus menggapai efisiensi operasi dan akan menyesuaikan suplai sesuai dengan permintaan global,” jelas juru bicara korporasi.

Pabrik Solihull mempekerjakan 9.000 orang. Fasilitas tersebut memproduksi model-model seperti Range Rover plus Land Rover Discovery. Menurut pabrikan mobil mewah yang dimiliki Tata Group India ini, para pekerja bakal tetap mendapat upah selama pabrik tutup sementara.

“Pemesanan konsumen tidak akan terdampak dan karyawan-karyawan di pabrik nantinya tetap dibayar selama pemberhentian operasi,” lanjut sang juru bicara.

Penyebab Penjualan Drop di China
Jaguar Land Rover menjelaskan penjualan mereka drop di China salah satunya akibat para konsumen menunda pembelian kendaraan baru. Mereka menunggu pemerintah mengurangi bea masuk mobil impor.

Namun, ketika bea masuk sudah lebih rendah, permintaan tetap seret. Mereka menduga konsumen menanti-nanti dampak perang dagang antara China dengan Amerika Serikat. Perang harga antar pesaing menjadi ‘pelengkap’ penderitaan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar