Jaga Image, Pabrikan Mobil Ternama ini Ogah Produksi di China

Berita Otomotif

Jaga Image, Pabrikan Mobil Ternama ini Ogah Produksi di China

STUTTGART - Pabrikan mobil ternama dunia yang terkenal dengan produk-produk eksotisnya ini tidak mau buka pabrik di China meski keuntungan besar didepan mata, semua dilakukan demi jaga image.

Pabrikan yang dimaksud tak lain adalah Porsche. Mereka bersikeras untuk mempertahankan citra atas kualitas tinggi asli "made in Germany".

Apalagi bagi banyak kalangan termasuk di industri otomotif, belum sepenuhnya percaya dengan "made in China". Mungkin masih banyak yang trauma dengan cerita masa lalu jika buatan China punya berkualitas buruk meski nyatanya kini banyak barang termasuk mobil kualitas terbaik dibuat di sana.

"Ini adalah kualitas dan argumen premium yang masih di produksi di Eropa untuk pasar China. Saat ini kami belum berfikir untuk produksi di China, tapi tidak tahu dalam waktu 10 tahun ke depan. Semua tergantung pada perkembangan volume penjualan dan juga peraturan di masing-masing negara," kata Oliver Blume, Chief Executive Porsche.

Ia juga punya alasan lain, menurutnya dengan terus memproduksi di Jerman, harga jual dari produknya bisa lebih stabil. Karena perlu biaya produksi lebih tinggi untuk terus diproduksi di Jerman atau Eropa karena Cayenne dibuat di SLovakia.

Pabrik Porsche

 Langkah yang diambil Porsche berbeda dengan pabrikan premium asal Jerman lainnya. Audi, Mercedes-Benz dan BMW telah memutuskan untuk membangun pabrik di China karena tergiur pertumbuhan penjualan mobil di sana.

Bisnis Porsche di China sendiri juga tergolong besar. Malah porsi penjualan mereka di Negeri Tirai Bambu terbesar, mengalahkan Eropa dan juga Amerika Serikat.

Pada catatan 2020, total penjualan Porsche untuk pasar global mencapai 272.162 unit. 88.968 unit terjual di China, sementara Eropa tipis di bawahnya dengan 80.892 unit disusul Amerika Serikat 57.294 unit.

Terakhir, meski Porsche bersikeras untuk tetap melakukan produksi di Jerman namun pekan lalu ada laporan yang bertentangan. Kabarnya Porsche akan membuat pabrik perakitan di Malaysia, meski belum jelas kepastian akan kabar tersebut. Jadi nantikan saja kelanjutanya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar