Ingin Ramah Lingkungan, Paus Fransiskus akan Pakai Mobil Listrik Merek Ini

Berita Otomotif

Ingin Ramah Lingkungan, Paus Fransiskus akan Pakai Mobil Listrik Merek Ini

VATIKAN – Paus Fransiskus bakal segera menggunakan menggunakan mobil listrik dari Fisker sebagai kendaraan dinasnya.

Pemimpin umat Katolik sedunia tersebut, seperti dikutip dari laporan Carscoops baru – baru ini, nantinya menaiki mobil listrik Fisker Ocean dalam berbagai aktivitasnya. Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini diekspektasikan mengirim mobil mereka ke Vatikan pada tahun depan.

Kesepakatan antara kedua pihak terjadi saat Henrik Fisker serta Geeta Gupta-Fisker selaku dua Co-founder Fisker mengunjungi Vatikan beberapa waktu lalu. Di sana, keduanya memaparkan visi mereka terhadap ‘popemobile’—julukan bagi mobil dinas Sri Paus—yang nihil emisi gas buang.

“Saya menjadi terinspirasi ketika membaca bahwa Paus Fransiskus sangat memperhatikan isu lingkungan serta efek dari perubahan iklim bagi generasi yang akan datang,” ucap Henrik Fisker.

mobil listrik Fisker Ocean

“Interior dari Fisker Ocean bagi transportasi Sri Paus akan terdiri dari berbagai macam material ramah lingkungan. Termasuk di antaranya karpet terbuat dari botol plastik daur ulang yang dipungut di laut,” lanjut eksekutif dari pabrikan pesaing Tesla ini.

Fisker Ocean kelak menjadi mobil listrik pertama sepanjang sejarah yang digunakan oleh Sri Paus. Sebelumnya, Paus Fransiskus sendiri sudah menggunakan mobil ramah lingkungan lain yakni Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen.

Penggunaan mobil – mobil ramah lingkungan, termasuk mobil listrik Fisker Ocean, adalah bagian dari kampanye Paus Fransiskus mengenai lingkungan yang sejak lama ia lakukan. Pada 2015, misalnya, ia pernah menegaskan bahwa perubahan iklim itu nyata dan diakibatkan oleh aktivitas manusia.

Ia pun kemudian mengajak untuk beraksi memperbaiki situasi.

“Tidak pernah kita sangat menyakiti dan bertindak semena-mena pada ‘rumah’ kita seperti saat ini, dalam dua ratus tahun terakhir. Mereduksi gas rumah kaca memerlukan kejujuran, keberanian, rasa tanggung jawab,” tulisnya ketika itu.

Fisker Ocean berbanderol USD 37.499 atau setara sekitar Rp538,4 juta. Mengambil model sport utility vehicle (SUV), kendaraan tersebut menantang kedigdayaan Model Y dari Tesla.

mobil listrik Fisker Ocean digunakan Paus Fransiskus mulai 2022

Fisker Ocean yang kelak digunakan Paus Fransiskus tentu saja bakal dimodifikasi terlebih dahulu. Ubahan yang nantinya terlihat antara lain adalah atap yang bolong dan diberikan tudung pelindung bagi Sri Paus agar dia bisa menyapa masyarakat tempatnya melakukan kunjungan. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar