Pertama Kali dalam Sejarah, Sri Paus Memakai Mobil Nissan

Berita Otomotif

Pertama Kali dalam Sejarah, Sri Paus Memakai Mobil Nissan

PORT LOUIS - Sri Paus untuk pertama kalinya menumpangi mobil Nissan sebagai kendaraan resmi dalam aktivitasnya.

Sri Paus, pemimpin keagamaan tertinggi bagi umat Katolik, sudah menggunakan mobil dinas resmi--yang kerap disebut sebagai ‘popemobile’--selama lebih dari setengah abad. Namun, baru kali ini ia menggunakan merek Nissan.

Kendaraan Nissan, seperti diwartakan Carscoops pada Rabu (2/10/2019), digunakan dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Kepulauan Mauritius belum lama ini. Adapun modelnya adalah Nissan NP300 Hardbody, atau yang kita kenal juga sebagai Nissan Navara.

Jim Dando, Director Sales and Operation Nissan South Africa, mengklaim keputusan menggunakan Navara sebagai mobil Sri Paus dalam kunjungan tersebut merupakan ‘pengakuan fantastis terhadap ketahanan serta popularitasnya di banyak negara Afrika’. Pabrikan yang bermarkas di Yokohama, Jepang ini menambahkan bahwa pikap kabin ganda tersebut nantinya diserahkan dan dipajang secara permanen di keuskupan setempat untuk mengenang kunjungan Sri Paus ke sana.

Dimodifikasi
Navara yang digunakan Paus Fransiskus tentunya telah dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhannya. Bagian bak dari kendaraan telah dipasangkan semacam podium dengan kursi putih berbantalan empuk, lengkap dengan logo khusus di bagian kepala kursi.

Ada pula kanopi untuk melindungi Sri Paus dari panas atau pun curah hujan dari sisi atas. Rangka-rangka yang berfungsi sebagai pegangan terlihat di berbagai sisi.

Bendera maupun logo Vatikan terlihat. Ada pula pelat nomor spesial ‘SCV1’ yang merupakan singkatan dari ‘Status Civitatis Vaticanae’, bahasa latin dari ‘Negara Kota Vatikan’.

Modifikasi-modifikasi ini dikerjakan oleh ABC Coachworks. Proyek ini cukup unik bagi ABC Coachworks karena mereka biasanya mengerjakan kursi-kursi dan modifikasi bus, kendaraan polisi, mobil pemadam kebakaran, maupun ambulan. Pengerjaan diawasi dan disetujui oleh Keuskupan Mauritius.

Harus diakui, Navara yang digunakan oleh Paus Fransiskus amat jauh dari kesan mewah. Suksesor Paus Benediktus XVI itu sendiri diketahui pernah mengaakan bahwa pendeta harus berkehidupan sederhana dan mengendarai mobil yang sederhana pula.

Di bawah kepemimpinannya, mobil-mobil yang digunakan oleh Vatikan relatif merakyat dan terjangkau. Ada Dacia Logan, Fiat 500L, Skoda Rapid Spaceback. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support