Honda Siapkan Modal untuk Pengembangan Model Baru di Indonesia

Berita Otomotif

Honda Siapkan Modal untuk Pengembangan Model Baru di Indonesia

JAKARTA – Dari total investasi Rp 5 triliun di Indonesia, ada di antaranya yang Honda akan gunakan untuk pengembangan model baru.

Seperti diberitakan sebelumnya, Honda telah menyiapkan investasi dengan nilai sekitar Rp 5,1 triliun. Salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan komponen lokal Brio Satya, terkait koreksi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan di segmen low cost green car (LCGC) dari 0 persen menjadi 3 persen mulai 2021.

Honda mengungkapkan satu tujuan lagi. Duit sebanyak itu nantinya akan dijadikan modal pengembangan model baru.

“Penyegaran model itu bisa ubahan minor, ubahan signifikan, atau untuk debut (model benar-benar baru),” ucap Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor meladeni pertanyaan Mobil123.com pada pertengahan pekan lalu di Jakarta.

Ia tidak menjelaskan berapa porsi untuk pengembangan model baru, dari investasi Rp 5,1 triliun itu. Ia hanya menegaskan bahwa di dalamnya belum ada yang akan digunakan untuk pengembangan mobil listrik, teknologi yang bakal mendapat insentif dari pemerintah mulai 2021.

Honda saat ini bertarung di Indonesia dengan cukup banyak model, yaitu 12. Jenisnya juga beragam, dari mulai sedan, city car, sampai ke sport utility vehicle (SUV).

Untuk sedan, Honda memiliki City, Civic Turbo, dan Accord, dan Civic Type R. Di sektor city car Honda punya Brio (terbagi menjadi varian Brio RS di segmen city car dan Brio Satya di segmen LCGC).

Pabrikan berlogo ‘H’ tegak ini juga mempunyai dua model hatchback yakni Jazz plus Civic Hatchback Turbo RS. Di segmen favorit masyarakat Indonesia, multi purpose vehicle (MPV), Honda memiliki Mobilio serta Odyssey.

Terakhir adalah mobil-mobil sport utility vehicle (SUV). Di segmen ini, model-model yang dipasarkan ialah BR-V, HR-V, lalu CR-V.

Berbekal semua itu, penjualan Honda di Nusantara pada 2019 mencapai 137.339 unit (wholesales, pangsa pasar 13,3 persen) atau 149.439 unit (retail, pangsa pasar 14,3 persen) menurut data resmi dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Honda menempati posisi tiga merek terlaris Indonesia dari dua perspektif penjualan tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support