Mobil123.com
Aplikasi Mobil123
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Honda City Hatchback 2021 Diluncurkan, Akankah Berakibat Jazz Disuntik Mati?

Mobil Baru

Honda City Hatchback 2021 Diluncurkan, Akankah Berakibat Jazz Disuntik Mati?

TOKYO - Honda City Hatchback 2021 diluncurkan di Thailand, akankah ini akan membuat produksi dan penjualan Jazz dihentikan alias disuntik mati?

Kehadiran Honda City Hatchback 2021 memang sudah diprediksi beberapa waktu lalu setelah muncul versi spy foto di dunia maya. Dan setelah secara resmi meluncur di Thailand, spekulasi bermunculan, paling kuat adalah soal masa depan hacthback andalan Honda yang nyaris sekelas yakni Jazz atau Fit.

Terlebih Jazz generasi terakhir yang muncul di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu disebut tidak sukses. Bentuknya dianggap terlalu feminim, bahkan PT Honda Porspect Motor (HPM) menyebut masih kurang yakin dengan desain baru Jazz generasi keempat untuk dijual di Indonesia.

Sampai berita ini dibuat memang belum ada informasi lebih lanjut mengenai masa depan Jazz setelah kemunculan City Hatchback. Artinya, masih benar-benar spekulatif untuk menyebut Jazz akan disuntik mati gara-gara kehardiran City Hacthback 2021.

Honda City Hatchback 2021 Diluncurkan, Akankah Jazz Disuntik Mati?
Mari tinggalkan spekulasi tersebut untuk kemudian menyimak City Hatchback 2021 lebih lanjut. 

Dari ukuran, City Hatchback tampak berada di antara Jazz dan Civic Hactchback. Artinya sedikit lebih besar dari Jazz tanpa harus sama ukurannya dengan Civic Hatchback.

Sementara tampilannya, Anda pastinya akan menemukan aura Honda City versi sedan yang hadir lewat desain lampu depan, gril dan juga bumper. Perbedaan baru tampak saat melihat pilar B ke belakang, panjangnya menyusut 208 mm dibanding versi sedan dan dilengkapi lampu belakang berbentuk ramping, spoiler pintu belakang terintegrasi serta bumper gembung selaras meneruskan aliran pilar C di atasnya.

Aura City sedan juga hadir pada interior versi hatchback. Honda sendiri mengatakan meskipun mengusung wheelbase sedan, versi hatchback menawarkan ruang kaki yang lebih besar melalui Ultra Seats mode ULTR (Utility, Long, Tall, Refresh). Dan ini juga berati fleksibel karena kursi belakang dapat dilipat rata bagasi dengan mudah.

Honda City Hatchback 2021 Diluncurkan, Akankah Jazz Disuntik Mati?
Dari sisi infotainment, City Hatchback disebut punya kelengkapan multi media receiver berupa layar sentuh delapan inci, Apple CarPlay, Android Auto, dan Bluetooth dengan dua port USB. Lainnya juga terdapat tombol push-to-start juga roda kemudi tilt & telescopic.

Untuk pasar Thailand, satu-satunya mesin yang tersedia adalah 1.0 liter turbocharged 3-silinder bertenaga  120 hp pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm direntang 2.000 - 4.500 rpm. Sumber tenaga ini disandingkan dengan transmisi manual 6-kecepatan atau otomatis CVT.

Sementara mesin lain seperti berkapasitas 1.5-liter, 1.5-liter turbodiesel dan 1.5-liter hybrid kemungkinan akan ditawarkan di luar Thailand. Seperti contohnya, mungkin jika dijual di Indonesia akan menggunakan versi mesin 1.5-liter sementara 1-5 liter turbodiesel untuk pasar India.

Tak ketinggalan, City Hatchback juga punya varian tertinggi RS sama seperti model Honda lainnya. Dan telah dilengkapi paddle shifter, 6 airbag, cruise control, port pengisian daya di belakang dan sandaran tangan untuk penumpang  belakang. Selain itu juga terdapat sound system 8 speaker, infotainment touchscreen 8 inci dan iluminasi merah untuk layar digital di instrument cluster.

Pertanyaan terakahir, apakah jika masuk ke Indonesia, City hatchbak akan menggusur Jazz yang kemudian akan dihentikan produksi dan penjualannya? Tunggu berita selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar