Honda BR-V Diyakini Masih Kompetitif Lawan Kia Sonet yang Banyak Fitur

Berita Otomotif

Honda BR-V Diyakini Masih Kompetitif Lawan Kia Sonet yang Banyak Fitur

JAKARTA – Honda BR-V diyakini masih tetap kompetitif jika dibandingkan dengan Kia Sonet yang memiliki harga lebih murah dan lebih banyak fitur.

Kia Sonet adalah model baru di kelas sport utility vehicle (SUV) Rp 200 jutaan, atau disebut juga segmen low SUV (LSUV). Harga on-the-road (OTR) Jakarta dimulai dari Rp 193 juta sampai Rp 289 juta.


Fitur – fitur dan SUV lima penumpang ini berlimpah. Di dalam daftar antara lain ada Ventilated Seats, Bose Audio System, Wireless Charging, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Sunroof dan Cruise Control.

Salah satu pemain kuat di kelas SUV Rp 200 jutaan adalah Honda BR-V. SUV tujuh penumpang ini mulai dijual di Indonesia pada awal 2016.

BR-V baru sekali mendapat penyegaran (pada 2019) dan itu pun bersifat minor. Per November 2020, harga OTR Jakartanya berkisar di Rp 238,9 - 291,3 juta.


Jika dibandingkan, rentang harga BR-V ada di atas Sonet dan fitur - fiturnya pun tak 'seeksotis' sang penantang baru. Kendati demikian, Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor masih yakin konsumen akan lebih meminati BR-V ketimbang Sonet.

Menurut dia, konsumen kini makin pintar. Mereka tak hanya melihat harga dan fitur dalam membeli kendaraan, tapi juga aspek – aspek lain.

“Bagaimana konsumen mudah dan ringan memiliki kendaraan, bagaimana resale value (harga jual kembali), bagaimana layanan purnajualnya. Saya rasa konsumen itu sekarang sangat smart (pintar) ya. Mereka kini menjadi smart buyer (pembeli pintar). Bukan hanya melihat dari harga saja, mereka juga melihat juga bagaimana setelah saya membeli mobil ini,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual pada awal pekan ini.

Sebagai informasi, Kia baru mencoba bangkit kembali lewat agen tunggal pemegang merek (TPM) baru bernama PT. Kreta Indo Artha. Mereka menargetkan untuk punya 38 dealer 2S (service and spare parts) plus 3S (sales, service, spare parts) pada 2020.

Ini berbeda jauh dengan jaringan penjualan dan purnajual Honda. Dealer 3S mereka di seluruh Nusantara sudah berjumlah 156 outlet.

Mulai 2019, Kia melakukan restrukturisasi produk yang dijual di Indonesia. Mereka meluncurkan pula SUV Kia Seltos yang fitur-fiturnya sangat unggul di segmen SUV Rp 300 jutaan.


Eksekutif dari pabrikan asal Korea Selatan ini di Indonesia menyatakan bahwa sebagai pesaing baru, mereka harus memberikan harga kompetitif dengan fitur berlimpah. Ini mereka perlihatkan lagi ketika merilis Sonet.

Peluncuran Honda BR – V Baru

Billy mengakui, penyegaran produk adalah salah satu strategi agar makin kuat bersaing di kelas SUV Rp 200 jutaan yang makin ketat. Sayangnya, ia belum mau memberikan sedikit pun petunjuk mengenai kapan Honda BR – V mendapat penyegaran yang bersifat mayor (major change).

Menurut dia, Honda memiliki beragam produk. Studi mengenai penyegaran model dilakukan dengan melihat secara menyeluruh.

“Jadi, kita tunggu saja… Saatnya kami rasa perlu adanya penyegaran dan penetrasi lebih banyak di pasar, penyegaran produk adalah strategi kami juga,” tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar