Berkat Indomobil, Rencana Penambahan Dealer Kia Masih Sama Saat Pandemi

Berita Otomotif

Berkat Indomobil, Rencana Penambahan Dealer Kia Masih Sama Saat Pandemi

JAKARTA – Kia tak mengubah rencana penambahan dealer mereka pada 2020, meski pandemi virus Corona (Covid-19) melanda. Ini semua berkat sokongan dari Indomobil Group.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha, mengatakan bahwa target mereka untuk perluasan jaringan penjualan dan purnajual masih belum berubah yakni 38 dealer, baik itu 3S (sales, service, spare parts/penjualan, servis, suku cadang) maupun 2S (service, spare parts/servis dan suku cadang). Pandemi yang melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 tidak membuat mereka merevisi target.

“Tetap 38 dealer,” tegasnya dalam acara diskusi virtual bertajuk ‘Ngobral’ melalui Facebook Mobil123.com pada 24 Juni 2020 kemarin.

Sebenarnya target dealer Kia yang Ario sebut malah lebih banyak dari keterangan pada akhir 2019. Ketika itu, dibeberkan bahwa target dealer Kia pada tahun ini ialah 33 dealer.

Sekadar mengingatkan, Kia sempat ‘mati suri’ selama beberapa tahun saat ditangani oleh PT. Kia Mobil Indonesia karena kesulitan keuangan. Indomobil Group, salah satu grup otomotif terbesar di Nusantara, mengambilalih merek ini dan kembali berjualan sejak akhir Oktober atau awal November 2020.

Strategi utama Kia sekarang dalam pengembangan jaringan adalah mengalihfungsikan outlet-outlet lama dan sudah eksis milik Indomobil Group, menjadi dealer Kia. Namun, Ario tidak bersedia menjelaskan dealer milik merek apa saja yang dialihkan untuk jaringan penjualan plus purnajual merek mobil asal Korea Selatan tersebut.

Selain Kia, Indomobil juga menjadi agen pemegang merek Suzuki, Audi, VW di Indonesia. Mereka juga masih punya sedikit sekali saham di PT. Nissan Motor Indonesia. Grup ini juga sempat menangani Renault, sebelum akhirnya dilepas.

“Dengan jaringan-jaringan Indomobil yang ada, kami manfaatkan tak hanya untuk penjualan tapi juga pelayanan khususnya pelayanan purnajual,” papar dia.

Saat wawancara dengan Mobil123.com, Kia, menurut Ario, sudah memiliki 20 dealer 3S maupun 2S. Pada pekan ini mereka akan melakukan soft opening untuk dealer-dealer baru di Pulau Jawa, khususnya Jakarta dan sekitarnya.

‘Adik kandung’ Hyundai ini, sekarang, memasarkan 5 model di Tanah Air. Selain Seltos yang baru meluncur pada Januari 2020, ada Picanto, Rio, Grand Sedona, plus K-27.

Hampir Seluruhnya di Pulau Jawa
Sebagian besar dari 38 dealer Kia yang rencananya eksis pada akhir 2020 akan berlokasi di Pulau Jawa. Hal ini tidak lepas dari porsi penjualan mobil di Indonesia yang masih berpusat di pulau itu.

“Pulau Jawa itu, kan, masih 70 persen dari pasar. Sumatera 11 persen. Sisanya yaitu Sulawesi, Kalimantan dan Indonesia Timur masing-masing sekitar 5 persen. Jadi, kalau bisa cover Pulau Jawa – Sumatera saja sudah menutup 80 persen total pasar. Tapi kami tetap berkomitmen di kota-kota besar, minimum di ibu kota tiap provinsi, harus ada ke depannya,” tutup Ario. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar