Test Drive Honda BR-V Facelift: Makin Terkoneksi dengan Head Unit 8 Inchi

Berita Otomotif

Test Drive Honda BR-V Facelift: Makin Terkoneksi dengan Head Unit 8 Inchi

SEMARANG - Diferensiasi paling menonjol dari Honda BR-V facelift selama test drive pada 2 - 3 Mei dengan rute Semarang hingga Jepara, Jawa Tengah adalah head unit barunya.

BR-V facelift, yang meluncur di hari perdana Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April, berkesempatan dijajal Mobil123.com bersama rekan-rekan media massa lain sejauh 103,6 km. Honda meminjamkan tipe tertinggi, Prestige, yang berbanderol Rp 279,5 juta on-the-road Jakarta.

Di bawah Prestige masih ada tiga tipe lain yaitu S MT (harga Rp 238 on-the-road Jakarta), E MT (Rp 252,5 juta) dan E CVT (262,5). Penjabaran lengkap perbedaan keempatnya dapat dilihat di sini.

Ubahan Eksterior
Aksesoris pada eksterior menjadi diferensiasi terbanyak pada BR-V facelift jika dibandingkan dengan model versi terdahulu, termasuk tentu saja pada tipe Prestige. Untuk menyegarkan tampilan, Honda memberikan BR-V facelift tipe termewah aksesoris-aksesoris baru berupa New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design, New Front Under Spoiler, New LED Daytime Running Light, New Fog Lamp Garnish, New 16 Inch Alloy Wheels Design.

Sisi buritan juga mendapat 'sentuhan'. Terdapat New Rear Bumper Design, New Rear Under Spoiler.

Interior Lebih Mewah dan Sporty
Tema pada BR-V facelift Prestige adalah kemewahan dan nuansa sporty lebih. Hal ini paling terlihat dari balutan material kulit di semua jok kursinya, tuas transmisi, hingga di sandaran tangan yang menempel di pintu. Dengan penambahan ini, Honda mengklaim BR-V sebagai satu-satunya LSUV Jepang di pasar Indonesia yang menggunakan jok kulit.

Kursi baris kedua terasa lebih nyaman dan empuk berkat ketebalan yang ditambahkan. Kini ada pula sandaran kepala tengah untuk kursi di baris itu.

Sementara itu, kesan sporty dimunculkan lewat aksen merah pada kursi maupun jahitan merah (red stching) pada gagang transmisinya. Pengaturan posisi mengemudi makin leluasa dengan Height Adjuster mulai dari tipe E, tapi pengaturan setir masih Tilt (ke atas dan ke bawah), belum Telescopic (maju -mundur).

Pembaruan-pambaruan lain pada kabin ialah New Tweeter Speakers, New Dashboard Panel Pattern, New Auto A/C.

Tiga Fitur Baru
Ada tiga fitur baru di BR-V facelift Prestige yakni New 8 Inchi Capacitive Touchscreen Display Audio, New Smart Entry System, New One Push Ignition System. Dua fitur yang disebutkan belakangan sudah bisa dinikmati di tipe E.

Head Unit baru 8 inchinya punya beragam kemampuan, salah satunya bisa dihubungkan dengan smartphone via aplikasi WebLink sehingga bisa melihat web browser, YouTube, atau navigasi (Waze). Sayang, layarnya kurang sensitif terhadap sentuhan dan sepertinya perangkat lunaknya mesti diperbarui.

Pasalnya, begitu Mobil123.com memperbarui aplikasi navigasi Waze dengan versi terbaru, WebLink tiba-tiba tidak bisa terhubung dan muncul notifikasi bahwa versi tersebut belum kompatibel dengan peranti lunak Head Unit. Fitur-fitur seperti Audio Steering Switch dan Rear Parking Camera, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Driver and Front Passanger Seatbelt Reminder masih ada.

Kesimpulan
Satu-satunya pengalaman berkendara baru di BR-V facelift didapat lewat Head Unit. Nuansa lebih mewah dan sporty dalam kabin cukup terasa dan penumpang baris kedua bisa lebih nyaman duduk karena kursi yang lebih tebal dan sandaran kepala lebih banyak.

Mesin BR-V facelift berkapasitas 1.5-liter SOHC 188hp 145 Nm tak ada perubahan tapi tetap asyik di putaran bawah untuk salip-menyalip, walau transmisinya CVT. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support