Harga Mobil Listrik Termurah Tesla Lebih dari Rp 1 Miliar

Mobil Baru

Harga Mobil Listrik Termurah Tesla Lebih dari Rp 1 Miliar

JAKARTA - Mobil listrik termurah Tesla yang bernama Model 3 akhirnya mengaspal di Indonesia. Meski begitu, harganya tetap miliaran rupiah.

Seperti model-model Tesla sebelumnya, Model 3 didatangkan dan dipasarkan oleh importir umum Prestige Motorcars. Ada tiga varian yang hadir di Tanah Air yakni Standard Range Plus, Long Range, serta Performance.

“Ini merupakan era baru, era kendaraan listrik. Dengan harga mobil listrik yang semakin terjangkau dan turut sertanya pemerintah mendukung kendaraan berbasis listrik dengan berbagai insentif yang ada, harapannya para konsumen hijrah ke kendaraan listrik agar tidak berkontribusi lagi dalam pencemaran kualitas udara” kata Rudy Salim Presiden Direktur Prestige Motorcars dalam seremoni peluncuran pada Sabtu (31/8/2019) di Pacific Place, Jakarta, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi.

Sayangnya, ia tidak bersedia membeberkan secara rinci harga jual Model 3 di negara ini. Ia hanya menjelaskan banderolnya ‘di atas Rp 1 miliar’.

Pemerintah sendiri sudah menerbitkan 17 insentif untuk mobil listrik melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Akan tetapi, insentif belum diterapkan karena masih menunggu regulasi turunan yang lebih mendetail.

Model 3 sendiri kemungkinan tidak bisa mendapat insentif fiskal yang membuat harganya lebih rendah karena untuk itu distributor atau agen pemegang merek harus memberikan komitmen perakitan lokal. Namun, kendaraan produksi merek asal Amerika Serikat ini tetap berhak mendapatkan insentif non-fiskal seperti bebas dari sistem ganjil-genap maupun biaya parkir yang lebih murah daripada mobil-mobil konvensional.

Prestige Motorcars memberikan layanan garansi 2 tahun, jaminan suku cadang, servis, serta jaminan baterai 8 tahun.

Biaya Isi Baterai Rp 70 Ribu, Jarak Tempuh 386 - 499 Km
Biaya penggunaannya juga murah sekali. Importir umum menjelaskan bahwa tarif listrik untuk pengisian baterai hingga penuh dengan estimasi waktu 4 jam hanya sekitar Rp 70 ribu.

Standard Range Plus penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam, Long Range penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam, dan Performance penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam. Jarak tempuh varian terendah 386 km, sedangkan dua varian di atasnya bisa 499 km. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support