Peminat Mobil Listrik, Cek Harga Tesla Model 3 Bekas Termurah

Mobil Bekas

Peminat Mobil Listrik, Cek Harga Tesla Model 3 Bekas Termurah

JAKARTA – Tesla merupakan satu dari sedikit pilihan mobil listrik yang saat ini dijual di Indonesia. Tak hanya bisa membeli unit baru, unit bekasnya pun sudah tersedia.

Tesla, merek mobil listrik asal Amerika Serikat, sempat menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Pasalnya, menurut pemerintah, mereka sedang menjajaki kemungkinan mendirikan pabrik perakitan kendaraan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Di situs jual – beli Mobil123.com sendiri, secara total sudah terdapat 19 iklan Tesla bekas per Rabu (4/11/2020) malam. Unit termurah tentu saja adalah Tesla Model 3 yang memang diposisikan sebagai model entry-level dari merek tersebut.

Tesla Model 3 bekas termurah dijual seharga Rp 1,35 miliar oleh sebuah dealer di Pluit, Jakarta. Tipenya ialah Standard Range dengan tahun produksi 2019 dan baru diiklankan pada 27 Oktober 2020.


Sebagai perbandingan, menurut situs resmi Prestige Image Motorcars selaku distributor merek ini di Indonesia, Tesla Model 3 baru per November 2020 dijual seharga Rp 1,5 miliar. Tidak disebut apakah itu sudah harga on-the-road (OTR/termasuk pajak) atau masih off-the-road.

Namun, bisa dilihat bahwa ada selisih cukup jauh antara Tesla Model 3 bekas dengan yang baru. Perbedaan harganya mencapai Rp 150 juta meski unit baru berumur amat muda yaitu satu tahun.


Lebih lanjut, menurut keterangan dari dealer, unit seken yang mereka jajakan baru dibawa dalam jarak tempuh yang amat pendek. Mobil baru dibawa jalan sekitar 1.415 km.

Tesla Model 3 sendiri baru setahun dijual di Indonesia, tepatnya mulai 31 Agustus 2019. Tipe Standard Range-nya memiliki jarak tempuh sekitar 400 km dalam kondisi baterai terisi penuh.


Waktu pengecasan baterai hingga penuh memakan waktu 4 jam. Jika dikonversi, biaya pengecasan untuk menempuh jarak maksimalnya (400 km) amat rendah yaitu kisaran Rp 70 ribu.

Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai hanya dalam 5,3 detik. Sementara itu, kecepatan puncak mencapai 225 km per jam.

Fitur di dalamnya antara lain layar berukuran amat besar yaitu 15 inci. Ada pula fitur Autopilot Mode.


Indonesia, pada 2021, akan memberlakukan berbagai insentif untuk mendorong berkembangnya pasar dan industri mobil listrik. Akan tetapi, ada keistimewaan yang sudah berlaku saat ini seperti DP 0 persen dan bebas ganjil – genap di Jakarta.

Di Mobil123.com, sejauh ini terdapat 16 iklan Tesla Model 3 bekas. Ada juga iklan Tesla Model X bekas (2 iklan) dan Tesla Model S bekas (1 iklan). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar