Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Dokter Ini Berhasil Lakukan Operasi Jantung di Jalan Raya

Berita Otomotif

Dokter Ini Berhasil Lakukan Operasi Jantung di Jalan Raya

LIVERPOOL - Seorang dokter dinobatkan sebagai pahlawan karena berhasil melakukan operasi jatung terbuka di sisi jalan raya.

Operasi jantung, khususnya operasi jantung terbuka memang seharusnya dilakukan di ruang khusus dengan peralatan yang memadai. Namun, Dr. Mark Forrest terpaksa melakukannya dipinggir jalan demi menyelamatkan nyawa John O'Brien yang mengalami kecelakaan pada Oktober 2018.

Ketika itu, O’Brien mengalami kecelakaan di Delamere ketika sedang mengendarai sepeda motornya. Jantungnya pun dikabarkan telah berhenti berdetak saat Ia dimasukkan ke ambulans udara meski beragam upaya penyelamatan sudah dilakukan.

Setelah itu, Dr. Forest pun langsung mengambil tindakan untuk membuka dada O’Brien untuk mencoba dan memulihkan jantungnya serta mengatasi pendarahan dalam. Semua itu dilakukan di tengah jalan.

Dalam beberapa menit, Dr. Forrest berhasil membuat jantung O’Brien kembali berdetak. Ia pun kemudian langsung kembali menjahit dada O’Brien, membawa masuk ke ambulans udara dan menerbangkannya ke Major Trauma Centre di Aintree, Liverpool. Di sana, O’Brien pun menerima perawatan darurat yang lebih detail.

“Saya tiba di tempat kejadikan dan merawat korban setelah saya memperhatikan tim berusaha untuk menyadarkan John, yang jantungnya telah berhenti. Beragam upaya sudah dilakukan oleh para dokter, paramedis, petugas pemadam kebakaran serta polisi, tidak ada yang berhasil dan itu terlihat tidak baik,” tutur Dr. Forrest dalam pernyataan resminya dari Departemen Pemadam Cheshire.

Ia pun mengaku bahwa langkah yang dilakukannya telah melalui diskusi cepat dan merupakan langkah terakhir untuk menyelamatkan nyawa O’Brien.

“Saya pun bergabung dengan mereka  di sisi John dan setelah diskusi yang sangat cepat, kami tahu satu-satunya kesempatan untuk menyelamatkannya adalah dengan membuka dadanya kemudian menangani cedera internalnya dan memijat jantungnya hingga mulai berdetak. Ini jarang berhasil tapi setidaknya kami ingin mencoba,” tambahnya.

Langkah yang dilakukan oleh Dr. Forrest ini berhasil membuat O’Brien selamat dan sehat kembali. Bahkan Ia bisa mengantarkan putrinya menikah pada bulan Mei lalu.

“Saya tidak bisa cukup berterima kasih pada Dr. Forrest dan semua orang yang terlibat dan melakukan segalanya untuk menyelamatkan saya. Saya sangat beruntung bisa mengantarkan anak saya menikah dan itu berkat mereka juga,” ungkap O’Brien. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang