Jumlah Kecelakaan Mudik 2019 Menurun Drastis

Berita Otomotif

Jumlah Kecelakaan Mudik 2019 Menurun Drastis

JAKARTA – Jumlah kecelakaan yang terjadi selama 12 hari penyelenggaraan Operasi Ketupat 2019 diklaim mengalami penurunan signifikan.

Tercatat, jumlah kecelakaan selama 12 hari tercatat hanya 529 kejadian. Jumlah ini menurut drastis bila dibandingkan dengan jumlah kecelakaan lalu lintas pada musim mudik tahun lalu yang mencapai 1.491 kejadian.

“Jumlah meninggal dunia di tahun lalu 331 orang sedangakan tahun ini 132 orang. Kemudian yang luka berat tahun 2018 adalah 391 orang sementara di tahun ini 97 orang. Luka ringan tahun 2018 berjumlah 1890 orang sementara tahun ini 1.638 orang,” terang Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri.

Secara umum, Ia pun berani menyimpulkan bahwa jumlah kecelakaan tahun ini sudah menurun hingga 65 persen. Ada banyak faktor yang berhasil menjadikan jumlah kecelakaann tersebut menjadi menurun dibandingkan tahun lalu.

“Faktor-faktor pendukung apa penyebab angka itu turun secara signifikan. Kami menggelar kampanye keselamatan lalulintas, kami siarkan dan sampaikan yang kita kenal dengan milenial road safety. Kami juga melaksanakan operasi keselamatan lalin selama 14 hari,” tegasnya.

Selain itu, infrastruktur yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu juga disebut memberi dampak positif terhadap keselamatan berkendara pemudik.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memberikan laporan yang postif terhadap pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama berlangsungnya Operasi Ketupat Jaya 2019.

Kompol Muhammad Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa penilangan terhadap pelanggar lalu lintas tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Penilangan pada tahun 2018 ada 571 perkara, tahun ini 272 perkara. Untuk teguran, tahun lalu ada 590 perkara, tahun ini capai 1.539 perkara,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support