Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jumlah Kecelakaan Mudik 2019 Menurun Drastis

Berita Otomotif

Jumlah Kecelakaan Mudik 2019 Menurun Drastis

JAKARTA – Jumlah kecelakaan yang terjadi selama 12 hari penyelenggaraan Operasi Ketupat 2019 diklaim mengalami penurunan signifikan.

Tercatat, jumlah kecelakaan selama 12 hari tercatat hanya 529 kejadian. Jumlah ini menurut drastis bila dibandingkan dengan jumlah kecelakaan lalu lintas pada musim mudik tahun lalu yang mencapai 1.491 kejadian.

“Jumlah meninggal dunia di tahun lalu 331 orang sedangakan tahun ini 132 orang. Kemudian yang luka berat tahun 2018 adalah 391 orang sementara di tahun ini 97 orang. Luka ringan tahun 2018 berjumlah 1890 orang sementara tahun ini 1.638 orang,” terang Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri.

Secara umum, Ia pun berani menyimpulkan bahwa jumlah kecelakaan tahun ini sudah menurun hingga 65 persen. Ada banyak faktor yang berhasil menjadikan jumlah kecelakaann tersebut menjadi menurun dibandingkan tahun lalu.

“Faktor-faktor pendukung apa penyebab angka itu turun secara signifikan. Kami menggelar kampanye keselamatan lalulintas, kami siarkan dan sampaikan yang kita kenal dengan milenial road safety. Kami juga melaksanakan operasi keselamatan lalin selama 14 hari,” tegasnya.

Selain itu, infrastruktur yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu juga disebut memberi dampak positif terhadap keselamatan berkendara pemudik.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memberikan laporan yang postif terhadap pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama berlangsungnya Operasi Ketupat Jaya 2019.

Kompol Muhammad Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa penilangan terhadap pelanggar lalu lintas tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Penilangan pada tahun 2018 ada 571 perkara, tahun ini 272 perkara. Untuk teguran, tahun lalu ada 590 perkara, tahun ini capai 1.539 perkara,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang