Ridwan Kamil : Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Bandung Terus Menurun

Berita Otomotif

Ridwan Kamil : Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Bandung Terus Menurun

BANDUNG – Angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat khususnya kota Bandung semakin menurun setiap tahunnya.  Tercatat, jumlah kecelakaan di kota Bandung sudah menurun 25 persen dibanding tahun 2015.

Kota Kembang Bandung adalah salah satu kota besar di Indonesia dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat. Namun demikian, dengan berbagai program yang diterapkan oleh pemerintah daerah membuat kota ini memiliki raport memuaskan dalam hal keselamatan berkendara.

“Bandung dipilih oleh Bloomberg Foundation sebagai salah satu kota percontohan dari 10 kota di dunia yang aman berlalu lintas. Program ini diluncurkan tahun 2015 dan dievaluasi di Meksiko bulan lalu. Angka kecelakaan kota Bandung pun ternyata berhasil menurun 25 persen,” ungkap Ridwan Kamil, Walikota Bandung.

Besarnya penurunan angka kecelakaan di kota Bandung tersebut disampaikan tidak lepas dari banyaknya edukasi pengendara oleh pemerintah kota Bandung, rekayasa lalu lintas, perbaikan jalan dan peningkatan jumlah CCTV.

“CCTV kini sudah dilengkapi dengan speaker, jadi pelanggar lalu lintas akan langsung dimarahi oleh suara yang datang entah dari aman. Jadi sekarang siapa yang naik motor tanpa helm akan diinfomasikan dan akan dipermalukan,” ungkapnya.

Meski angka kecelakaan di kota Bandung sudah menurun, namun Ia tidak menampik bahwa angka kecelakaan khususnya sepeda motor masih cukup tinggi. Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor saat ini mencapai 75 persen dari total kecelakaan lalu lintas di kota bandung. Kecelakaan tersebut umunya disebabkan oleh kurang disiplinnya pengendara motor.

“Sebenarnya pengendara mobil di kota Bandung sudah safety. Nah kalo di Amerika tidak boleh mabuk, kalau kita (mengkampanyekan) don’t driving while texting. Jadi jangan bermain handphone sambil mengemudi. Saya lihat masih banyak yang melakukan nyetir sambil mengoperasikan hp. Banyak ibu2 di Bandung naik motor diselipin di jilbabnya. Hati2 karena kita harus konsentrasi di jalan,” tambahnya. [Adi/Ari]

Dengan adanya kampanye ini maka diharapkan lalu lintas di kota Bandung akan menjadi lebih aman ketimbang saat ini.

“Kita kurangi kecelakaan lalu lintas. Tahun 2019 Kota Bandung sudah harus bisa jadi kota pecontohan di Indonesia dan ASEAN sebagai kota yang paling aman berlalu lintas,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, di Jawa Barat  jumlah kecelakaan juga semakin turun sejak tahun 2012. Tercatat, Jawa Barat berhasil menekan angka kecelakaan hingga 40 persen dari tahun 2012 hingga tahun 2015. Padahal, jumlah pertumbuhan kendaraan bermotor di Jawa Barat meninggat hingga 50 persen di periode yang sama. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual