Demonstran Perancis Hobi Bakar Mobil

Berita Otomotif

Demonstran Perancis Hobi Bakar Mobil

PARIS -  Ratusan mobil segala jenis, dari kelas atas hingga mewah sengaja dibakar oleh para demostran di Perancis.

Negara yang pertengahan tahun lalu menjadi juara dunia sepak bola ini memang terkenal dengan demostransi anarkis. Para pengunjuk rasa tidak perlu memiliki alasan khusus untuk merusak semua yang mereka temukan di jalanan, termasuk melakukan vandalisme terhadap mobil.

Catatan cukup fantasis adalah setiap malam tahun baru, di kota Paris yang merupakan ibukota negara fashion tersebut kerap terjadi pembakaran mobil. Dan tahun baru lalu mencatatkan rekor baru, total 650 mobil dibakar dalam malam pergantian tahun.

 

Hari-hari belakangan ini, di kota-kota Perancis diberitakan sedang terjadi protes-protes keras yang ditujukan pada Presiden Emmanuel Macron. Kelompok masa dengan julukan yellow Vests atau rompi kuning terlihat kerap melampiaskan kemarahan mereka di jalanan melawan polisi, merusak toko dan tentunya menghancurkan mobil. Mereka melakukan ini karena kesal dengan kenaikan harga minyak plus meningkatnya biaya hidup yang menjadi kebijakan pemerintah Perancis.

Macron sendiri mencoba meningkatkan peran mobil masa depan dengan tingkat polusi minimalis kemudian membuat kebijakan yang sangat menyudutkan mobil konvensional. Ia menaikan pajak atas BBM solar, padahal di Perancis mayoritas mobil bermesin diesel. 

 

Akibatnya, gerakan massa kemudian menyasar mobil-mobil mewah yang "sial" karena parkir di pinggir jalan. Ini dilakukan karena mereka melihat Macron sebagai representasi dari kelompok orang kaya yang biasa menggunakan mobil-mobil mewah.

Beberapa mobil mewah yang menjadi korban tercatat di antaranya Porsche 911 Cabriolet, Range Rover Sport hingga Mini. Untuk itu, kepada seluruh warga masyarakat pemilik mobil-mobil mewah disarankan berhati-hati dalam menggunakannya di Perancis. Ada baiknya memarkirkan mobil kesayangannya di tempat paling aman.

Salah satu yang menarik,  tak ada satu pun berita atau gambar para demostran di sana sengaja membakar mobil merek Perancis seperti Peugeot, Renault dan Citroen. Atau jika Mobilovers ada yang pernah melihat foto dan video mobil asli Perancis di atas dibakar oleh para Yellow Vests, beri link dan komentar segera. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar