Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Datsun Tidak Pilih Platform Mitsubishi Xpander Jika Produksi Compact SUV

Berita Otomotif

Datsun Tidak Pilih Platform Mitsubishi Xpander Jika Produksi Compact SUV

JAKARTA – Datsun tak akan gunakan platform Mitsubishi Xpander jika benar-benar buat compact sport utility vehicle (SUV) untuk pasar Indonesia.

Datsun mengakui bahwa pasar SUV di Tanah Air merupakan segmen yang menarik untuk dimasuki, khususnya compact SUV. Berbicara mengenai perencanaan produk di masa depan, pihak Datsun juga menyatakan akan mempelajari peluang berbagi sumber daya serta platform dengan aliansi mereka yang terdiri dari tiga pabrikan besar yaitu Nissan, Renault serta Mitsubishi.

Hanya saja, jika rencana jadi membuat compact SUV, Datsun dipastikan tak akan menggunakan platfom Mitsubishi Xpander. Ini karena tidak cocok dari segi ukuran.

“Platform Xpander kebesaran,” kata Masamoto Nakamura, Head of Datsun Indonesia dalam sesi tanya-jawab di sela-sela Media Test Drive Datsun Cross, 2 – 3 Mei 2018 lalu di Yogyakarta.

Mitsubishi memang masuk ke dalam aliansi Nissan setelah 34 persen saham mereka dibeli oleh Nissan pada kuartal keempat 2016. Nissan harus merogoh kocek hingga 237 miliar yen atau sekitar Rp 30,33 triliun dengan kurs saat ini.

Salah satu keuntungan dari sinergi ini adalah penggunaan platform lintas pabrikan. Untuk pasar Indonesia, Nissan sejak beberapa waktu lalu sudah memastikan bakal menggunakan platform Xpander untuk LMPV terbaru mereka yang akan lahir dalam waktu ‘tak terlalu lama’.

Lebih lanjut, alasan lain Datsun tak bakal menggunakan platform Xpander jika nantinya membuat compact SUV adalah agar model-model mereka memiliki disparitas harga sesuai. Datsun harus memiliki selisih harga yang cukup dengan Nissan agar tak terjadi kerancuan.

“Satu poin yang bisa saya katakan soal alasan tak menggunakan Xpander adalah bahwa perusahaan kami juga menjual model Nissan. Nissan adalah kendaraan yang lebih sophisticated dan pintar, sementara Datsun untuk konsumen lebih muda plus energik. Satu diferensiasi besar antara kedua hal itu adalah perbedaan rentang harga,” ujarnya.

Jika tidak cocok dengan Xpander, aliansi Nissan  masih mempunyai banyak kandidat untuk compact SUV Datsun. Di antaranya ialah Nissan Juke, Nissan Kicks, Renault Kwid, atau Renault Captur.

“Kami punya aliansi yang terdiri dari Datsun Nissan dan juga Renault plus Mitsubishi. Jadi kami akan mempertimbangkan aliansi yang sangat besar ini untuk mencapai efisiensi dan penggunaan sumber daya terbaik, lalu kami akan putuskan apa yang akan kami lakukan,” tandas Masamoto. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang