Datsun Ingin Lepas dari Citra Merek Mobil Murah

Berita Otomotif

Datsun Ingin Lepas dari Citra Merek Mobil Murah

YOGYAKARTA - Datsun menegaskan ingin lepas dari citra sebagai merek mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) lewat model ketiga mereka yaitu Datsun Cross.

Head of Communications PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani menjelaskan Cross adalah 'senjata' Datsun untuk melakukan reposisi citra merek di Indonesia. Pasalnya, crossover satu ini adalah model pertama yang tak ikut serta di segmen LCGC.

"Kalau dulu pada 2014 kami tampil dengan mobil-mobil LCGC sehingga citra merek kami adalah LCGC. Dengan Cross ini, yang kami ingin komunikasikan adalah Datsun bukanlah merek LCGC," kata Hana dalam acara Media Test Drive Cross, 2 - 3 Mei di Yogyakarta.

Merek yang berada di bawah Nissan tersebut mulai masuk ke Indonesia pada 2014 dengan meluncur dua model dalam satu tahun yaitu hatchback Go Panca serta multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca bertransmisi manual. Duo ini masuk kategori LCGC dan berhak mendapatkan insentif pajak setelah memenuhi beberapa persyaratan yaitu dirakit secara  lokal, konsumsi bahan bakar minimal 20 km/liter, plus tingkat kandungan komponen lokal 85 persen setelah lima tahun diproduksi.

Sempat merasakan manisnya status pionir LCGC tujuh penumpang lewat Go+Panca, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan transaksi jual-beli Datsun kemudian menurun setelah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul sejak 2016. Pada 2017 muncul pula kemudian mobil Cina Wuling yang berada sekelas di atas tapi memiliki harga yang tak terlalu jauh berbeda.

Lama berkutat cuma dengan dua model, Datsun kemudian meluncurkan Cross pada Januari 2018 di Tanah Air. Kemunculannya saat itu juga menandakan debut globalnya.

Cross terdiri dari satu varian dan dua tipe yaitu transmisi manual serta transmisi otomatis X-Tronic CVT. Adapun banderol on-the-road Jakarta bagi masing-masing tipe ialah Rp 161,49 juta dan Rp 173,99 juta.

Distribusinya sendiri dimulai pada Maret kemarin. Data wholesales Gaikindo memperlihatkan bahwa suplai Cross pada bulan itu mencapai 2.223 unit.

Datsun juga dipastikan bakal meluncurkan model baru lagi di Indonesia pada 7 Mei mendatang. Akan tetapi, belum terungkap apakah kendaraan itu ialah varian transmisi otomatis dari Go dan Go+ Panca atau bukan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar