Datsun Tertarik Ciptakan Compact SUV untuk Pasar Indonesia

Berita Otomotif

Datsun Tertarik Ciptakan Compact SUV untuk Pasar Indonesia

YOGYAKARTA – Datsun mengaku tertarik meluncurkan compact sport utility vehicle (SUV) bermesin 1.5-liter di masa dan sepertinya akan memanfaatkan peran aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Apakah ini berarti akan memanfaatkan platform Renault Kwid, Nissan Juke atau mungkin Mitsubishi Xpander?

Di Indonesia, Datsun sudah memiliki tiga model. Hatchback Go Panca dan multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca meluncur pada 2014 dan berada di kelas mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) yang mendapatkan insentif pajak, sedangkan crossover bernama Cross hadir pada awal 2018 di luar kelas LCGC.

Head of Datsun Indonesia Masamoto Nakamura mengakui peluang mereka menghadirkan SUV pada masa mendatang sangat mungkin karena permintaannya ada serta memiliki prospek cerah. Datsun, merek mobil terjangkau dari Nissan, pun bisa memanfaatkan platform milik aliansi yang terdiri dari Nissan, Renault, dan Mitsubishi.

Namun, kalau pun pemikiran itu terwujud, Datsun bakal memilih compact SUV berkapasitas mesin tak lebih dari 1.5-liter dan bukan SUV besar seperti X-Trail. Morimoto mengakui SUV dengan dimensi serta kapasitas mesin Honda HR-V merupakan sebuah gambaran yang bagus.

“SUV kecil, mesin-1.5 liter. Saya jawab secara serius bahwa kami punya peluang. Tapi jawaban saya ini tidak berarti kami sudah punya rencana soal itu,” kata dia di sela-sela Media Test Drive Cross, 2 -3 Mei di Yogyakarta.

Morimoto, yang pernah bertugas untuk Nissan di India, Eropa, serta Jepang melihat SUV sudah menjadi tren global. Menurut pengamatannya, Indonesia sudah mulai dilanda tren serupa, walaupun MPV masih tetap segmen terbesar dan terfavorit di negeri ini.

“Konsumen hatchback konvensional kini pindah ke crossover dan di Indonesia pun saya sudah melihat adanya tren semacam ini. Apalagi Nissan-Datsun punya lini model SUV yang banyak dan bagus di pasar global seperti X-Trail, Qashqai, dan Juke yang unik. Crossover menjadi tren dan peluang. Tapi kami belum ada rencana pasti,” paparnya.

Jika melihat portofolio aliansi, Datsun punya bermacam platform compact SUV milik aliansi yang bisa dimanfaatkan. Dari Nissan saja, mereka setidaknya punya dua model yaitu Juke dan Kicks. Kicks belum dijual, tetapi Nissan sempat menyatakan bahwa model ini 'ada dalam rencana untuk Indonesia'.

Renault punya platform milik Captur, juga mobil murah Kwid yang sudah dijual di sini tapi didatangkan dari India. Mitsubishi sendiri punya platform Xpander.

Datsun sendiri kini sedang berjuang melepaskan citra sebagai merek mobil murah di Indonesia akibat keikusertaan mereka di kelas LCGC pada dua model sebelumnya. Cross yang dilego Rp 161,49 juta dan Rp 173,99 juta on-the-road Jakarta untuk dua tipe transmisinya sekarang menjadi flagship dari Datsun di Tanah Air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar