Daihatsu Bicara Strategi Hadapi 2020, Mulai Produk Baru Hingga Pembiayaan

Berita Otomotif

Daihatsu Bicara Strategi Hadapi 2020, Mulai Produk Baru Hingga Pembiayaan

JAKARTA – Daihatsu bicara strategi-strategi mereka secara umum untuk menghadapi tantangan tahun depan, mulai dari produk, kemudahan pembiayaan, pun keputusan masuk ke kalangan milenial.

Berbagai eksekutif agen pemegang merek (APM) mobil yang Mobil123.com wawancara sejauh ini melihat pasar tahun depan masih relatif stagnan jika dibandingkan pada 2019. Terakhir, Elfina Afny selaku Planning and Communications Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) pun berbicara demikian.

“Terus terang, untuk proyeksi pasar kami mengikuti Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sebagai kiblat. Kemarin dari mereka ada pernyataan bahwa tahun ini 1 juta unit dan kalau lihat pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product/Pendapatan Domestik Bruto) tahun depan masih di 4,9 – 5,2 persen, pasar akan tumbuh tapi tipis. Menurut Gaikindo sekitar 1 juta 50 ribu unit,” tandas dia dalam Workshop Industri Grup Astra pada Senin (19/11/2019) di Jakarta.

Pertanyaan dalam acara pun mengarah pada apakah Daihatsu akan lebih agresif meluncurkan produk baru sebagai salah satu upaya merangsang pasar otomotif nasional. Apalagi, pada tahun ini mereka hanya merilis dua model baru yaitu Xenia facelift plus Sigra facelift.

Sayang, mereka menolak menjawabnya secara gamblang. Sebagai gantinya, Elfina memaparkan gambaran umum strategi mereka pada tahun depan.

Pertama, dari sisi produk, Daihatsu akan tetap mengeluarkan model yang sangat sesuai dengan konsumen Indonesia. Produk-produk baru itu sebelumnya telah melalui proses survei, riset, dan pengembangan di fasilitas mereka di Karawang, Jawa Barat.

“Apa saja produknya, mohon maaf kami belum bisa berkomentar,” tandasnya.

Masuk ke kemudahan proses pembelian, jaringan penjualan Daihatsu sudah masuk tidak lagi hanya ke tier 3 tapi sampai tier 4. Mereka hingga tingkat kabupaten dan menurut data terkini jumlahnya sudah mencapai 244 outlet di seluruh Indonesia.

“Selain itu dalam proses pembelian ini yang penting bagi konsumen juga adalah keterjangkauan harga. Ini bukan hanya dari pemosisian harga. Kami akan bekerja sama dengan value chain kami membuat DP dan cicilan terjangkau,” pungkas dia.

Berlanjut ke proses kepemilikan, Daihatsu bakal terus mengembangkan jaringan dan kualitas purnajual. Saat ini mereka telah membangun 188 aftersales workshop plus 3.204 parts shop.

“Untuk suku cadang, kami menyediakan Daihatsu Value Parts. Suku cadang lebih murah tapi dengan kualitas yang sama dengan Daihatsu Genuine Parts,” tandas Elfina.

Terakhir adalah citra merek. Melalui berbagai aktivitas, Daihatsu akan mengembangkan citra merek agar dekat dengan masyarakat yang menjadi target konsumen.

“Bahkan sekarang kami sudah mulai masuk ke kalangan milenial,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support